Senin, 05 Januari 2015

Body Care | Bath Gel Halal & Free SLS/SLES: MoAyu Bath Gel


Tahu kan salon Muslimah Moz5?

Nah sekarang Moz5 (baca; Moz-Lima) sedang memperluas usahanya ke sektor produk kosmetik, merknya MoAyu Beauty Care. Line produknya mencakup face-body-hair care. Dan yang akan di review kali ini adalah MoAyu Bath Gel :)

Sebelumnya, Momzhak memang sudah tahu cukup lama produk MoAyu ini. Kalau Spa atau sekedar luluran di Moz5, produk yang dipakai ya MoAyu, tapi produk tersebut gak pernah mencuri perhatianku, karena selalu berpikir kalau isinya ya pasti gitu-gitu aja (jadi gak pernah tertarik untuk beli). Yang sudah jelas kutahu, semua produk MoAyu sudah bersertifikat halal dari MUI. Yeay :D


Cerita berawal saat mandi dengan Moayu Bath Gel selepas masas di Moz5. Setelah mandi kulitku terasa lembut, padahal biasanya sabun yang kupakai seringkali membuat kulitku kering. Awalnya kupikir mungkin karena efek aneka minyak yang tadi dioles di kulit badanku.

Moz5 di Rawamangun nih

Pas mau bayar di kasir, aku sempat lihat botol sabun berwarna hijau yang ternyata sama seperti yang aku pakai untuk mandi tadi. Baru sadar, kalau Moz5 juga menjual produk Moayu. Akhirnya kubeli sebotol Moayu Bath Gel ukuran besar.

Kalau mau beli suatu produk kosmetik, aku selalu tengok deskripsi produk, ingredients dan exp. date pada kemasannya, termasuk pada produk  ini.

Meski ada tulisan dicetak bold wana merah Parabens free, Lanolin free, PABA free di belakang kemasannya, aku lebih girang setelah tahu kalau pembusa yang dipakai bukan SLS/SLES. Yeyey!

Kalau ada yang baca tulisanku mengenai sabun mandi, pasti tahu kalau kulitku sangat mudah kering dengan berbagai macam sabun mandi dan masih mencari pembersih badan yang cocok. 

Setelah berkali-kali menggunakan Moayu Bath Gel, kira-kira gimana ya hasilnya? Cus, tengok reviewnya!
 

KEMASAN

Dikemas di botol berukuran 250 ml dengan tutup botol yang tinggal di-press saja. Ada juga sih travel size-nya.

Suka tutup model begini, tinggal dipress aja :)

tersedia berbagai ukuran

Deskripsi Produk

Bath gel beraroma lembut ini, mengandung ekstrak teh hijau as antioxidant dan coconut oil sebagai pelembab tubuh yang sudah tidak kita ragukan lagi khasiatnya untuk kulit.

Selain itu, MoAyu Bath Gel tidak menggunakan SLS/SLES dalam produknya. Ini point plus buat ku.

Mungkin banyak yang belum tahu, SLS/SLES (sodium lauryl sulfate, sodium laureth sulfate) merupakan pembusa pada produk pembersih yang bersifat irritant dan high-comedogenic. Dua kandungan tersebut sangat lumrah digunakan di berbagai macam produk pembersih, dari pembersih wajah sampai sabun cuci. Ya, tentunya dengan tingkat konsentrasi yang berbeda (jadi, stop juga  menyamaratakan sabun/shampo berSLS/SLES dengan sabun pel, bukan point itu yang membuat kita sebaiknya menghindari SLS/SLES dalam produk pembersih kulit).

Aku sendiri memang kurang bersahabat dengan SLS/SLES. Kalau dipakai di badan, kulit akan cenderung kering. Kalau dipakai di wajah, gak bikin kering sih, tapi rawan menyumbat pori-pori, kurang cocok untuk yg kulitnya mudah betjerawat macam kulitku.

Semua produk dari MoAyu sudah bersertifikat halal, dan bebas beberapa bahan-bahan kontroversial seperti Parabens dan PABA. Bebas Lanolin juga, terdengar macam kosmetik ramah hewan (memang klaimnya no-animal tested juga, sih).


Ada logo CPKB dan Halal dari LPPOM MUI

Kandungan



Ingredients: Aqua, Disodium Cocoyl Glutamate, Cocamide DEA, Lauryl Glucoside, Glycol Distearate, Camellia Sinensis Extract, Coconut Oil, Sodium Chloride, Citric Acid, fragrace, Propylene Glycol, Tetrasodium EDTA, CL 19140, CL 42090, methylchloroisothiazolinone.

Pembusa yang dipakai di sabun ini adalah: Disodium Cocoyl Glutamate, Cocamide DEA, Lauryl Glucoside. Ketiganya adalah pembusa yang low-irritant, bio-degradable, dan jauh lebih lembut dari SLS/SLES. Ketiganya berasal dari turunan buah kelapa. Relatif lebih sehat untuk kulit dan ramah buat lingkungan juga.

Mengandung Citric acid sebagai pH balance. Pengawet yang dipakai sebagai alternatif dari parabens adalah methylchloroisothiazolinone. Tetapi hati-hati, methylchloroisothiazolinone bisa menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang.

Key ingredientsnya tentu green tea oil dan coconut oil.

Enak gak dipakainya??



Gambar di atas kelihatannya busanya dikit kan, padahal sih masih bisa lebih banyak lagi. Iya, busanya banyak! Tapi, dalam penggunaanya, aku lebih suka pakai shower puff, cukup tuang sedikit, eh busanya banyakkk banget.

Saat dibilas, di kulit gak terlalu kesat dan gak terlalu licin juga. Pokoknya PAS. Kalau ada pembersih badan yg kesat, biasanya karena zat sabunnya terlalu banyak. Nah, kalau terlalu licin sampai susah dibilas, biasanya karena terlalu banyak surfaktan/detergen yang ditambahkan.

Wanginya sih subtle, aroma frangipani-nya gak terlalu tercium. Padahal aku suka banget aroma kembang kamboja. Heu...:p

Saat mencoba setiap sabun baru, aku selalu cari tahu efeknya di kulitku setelahnya. Tentunya, aku gak pakai pelembab badan dulu untuk tahu apakah ini cocok atau enggak. Ternyata, bath gel ini sama sekali gak bikin kering. Seneng banget.

Walaupun mengandung coconut oil yang berpontensi clogged pore, tapi tidak membuat punggungku berjerawat.

KESIMPULAN

Plus: 

  • Free SLS/SLES. 
  • Untuk yang paranoid dengan bahan-bahan kontroversial, sabun ini bebas paraben dan PABA dan lanolin.
  • Key ingredients: Tea Tree oil, coconut oil
  • Busa banyak, tapi gak bikin kesat ataupun sulit dibilas karena terlalu licin.
  • Gak bikin kulit kering ataupun back acne.
  • Halal certified

Minus:

  • Aromanya samar
  • Hanya dijual di salon dan website MoAyu
  • Agak mahal. Sebotol ukurang 250 cc, sekitar 50 ribu
  • Walaupun sudah memenuhi CPKB (cara pembuatan kosmetik yang baik dan benar), tapi sayangnya belum terdaftar di BPOM. Nah, loo... Buruan di daftarin deh, sis, 

Eh iya, kemarin kan masih ribut-ribut cari body wash. Sampai sabun natural dan organik sekalipun gak membantu  di kulitku yang kering (eh, ada deh, TBB cocok di kulitku kok).

Kalau sekarang, aku masih suka-sukanya pakai Moayu, belum terpikir nyoba sabun lainnya. Lagipula produk ini gampang didapat, gak harus beli online :D

Body Care | Bath Gel Halal & Free SLS/SLES: MoAyu Bath Gel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: P Plane

0 komentar:

Poskan Komentar