Senin, 06 Agustus 2012

Beauty Talks | Mau Wajah Sehat? Kulitmu Harus Asam!

*(Tulisan ini ku ambil dari blog lamaku. Keterangan baca di sini ^^)


Assalamualaikum!! ^^

Siapa sih yang gak mau kulit mulus bebas masalah (terutama jerawat)? Ada banyak cara sebenarnya, salah satunya membuat suasana kulitmu tetap asam!

Asam?

Yup! Mungkin terutama para cewek udah males deh denger yang asem-asem. Karena asam itu identik dengan bau dan kotor. Tapi, asam yang dimaksud disini adalah tingkat keasaman yang ditandai dengan jumlah tekanan ion H+ (Hidrogen), yang biasa kita kenal dengan pH.

Jadi, kulit manusia (termasuk kulit wajah yang rentan ini), memiliki tingkat pH yang rendah alias asam. Derajatnya berkisar sekitar 4,5-5,5 namun derajat tersebut bisa berbeda-beda untuk tiap orang dan tiap bagian kulit.

Nah, kenapa kulit kita punya pH yang rendah?
Jawaban gampangnya, karena di kulit kita memiliki sejenis mantel yang bersifat asam yang melindungi kulit dari berbagai serangan dan ancaman yang tidak terlihat. Entah itu kekeringan, alergi, dan mikroorganisme.
Kenapa kok mantelnya asam? Karena secara teori, si mantel mengandung asam laktat dan asam2 amino dan asam2 dari proses keratinisasi. Makanya lapisan tersebut disebut pula acid mantle.

mantel kulit ada dilapisan terluar kulit kita.
Berarti untuk menjaga si mantel pelindung kulit kita itu tetap kokoh, maka dibutuhkan suasana pH yang seimbang yaitu 4,5-5,5.

So, apa aja sih yang menyebabkan pH kulit kita menjadi tidak imbang dan membuat mantel kulit kita rusak?

Ada 2 faktor:
1. Faktor Endogen (dari dalam tubuh): Sedang dalam keadaan alergi misalnya eczema (eksim) di kulit tsb, trus orang dengan penyakit ginjal yang udah lanjut, pasien dengan gula darah tinggi, dsb.
2. Faktor Eksogen (dari luar tubuh) --> Ini yang paling sering: Sabun, detergentt, Iritan topikal (alkohol), sinar UV, dll
Nah...nah... paling banyak itu sabun, lho. Coba perhatikan sabun mandi kalian terutama pembersih muka. Maka dari itu, penting banget mencari pembersih yang cocok untuk kulit wajahmu. Jangan pernah Sekali-sekali pakai sabun badan untuk membersihkan muka! Ok, awalnya memang terasa bersih dan kesat, tapi itu ga lama. Setelah itu kulitmu akan rusak perlahan. Karena sabun badan yang dijual bebas pHnya sangat tinggi, sekitar 7-9!! Padahal, dengan pH segitu aja ga boleh loh dipake ke kulit badan sekalipun, bagaimana dengan kulit wajah yang lebih peka?

Jangan sembarangan cuci muka mu.
IMO, aku pun heran, mengapa pH di sabun mandi rata-rata setinggi itu? Mungkin itu strategi pasar. Karena kebanyakan dari kita menganggap bersih itu KESAT! Hoh, emang kulit kita piring? :p

Dan karena kebanyakan dari kita menyukai busa yang banyak dan melimpah! Padahal banyak busa bukanlah hal yang bagus. Semakin banyak busa menandakan tingkat detergent di suatu pembersih itu banyak --> detergen sendiri sifatnya basa --> basa akan meningkatkan pH kulit kita.

Namun, ga usah terlalu khawatir dengan detergen di pembersih wajah/sabun badan kita. Yang terpenting jumlahnya ga berlebih.

Sebenarnya, bisa saja kita telisik satu-satu ingredient pembersih wajah kita apakah mengandung banyak detergen seperti SLS atau tidak. Tapi pasti itu merepotkan. Namun, ada beberapa ciri yang kemungkinan merupakan pembersih dengan pH yang seimbang:
  • Tekstur lembut
  • Busa tidak terlampau tebal
  • Tidak menyisakan kesan kesat setelah dibersihkan
  • Tidak membuat kulitmu kering setelahnya
  • Produknya mengklaim 'pH balance' (yah, percaya atau tidak, itu bisa dibuktikan dengan ciri di atas)
Selain itu jauhilah skin care dengan kandungan alkohol. Alkohol di sini adalah Alkohol denat/Alkohol denaturasi/Ethanol/Alkohol (bukan cetyl alcohol, butyl alcohol, dll ya!). Karena alkohol bersifat iritan. Sayangnya, alkohol ini banyak ditemui di produk-produk antijerawat dan produk-produk oily skin. Orang dengan kulit berminyak pun sebaiknya menghindari alkohol apalagi mereka dengan kulit kering. 

Memang seperti pisau bermata dua, mengapa alkohol banyak ditemui di produk antijerawat. Memang, alkohol dalam kadar sekian bersifat antiseptik dan bisa mengeringkan jerawat dengan cepat, tapi lagi-lagi itu gak akan lama. Karena saat mantel kulit terkikis, malah akan menambah jumlah jerawat lagi. So, untuk yang sering bolak-balik ke dokter kulit, jarang kan menemui produk mereka dengan alkohol tinggi menyengat? *ga ada malah :p

Memang, ada yang berpendapat, alkohol masih dibolehkan tapi dengan kadar sangat rendah. Tapi, masalahnya bagaimana kita tahu alkohol dalam suatu skincare berada dalam persentase rendah sedangkan rata-rata dalam ingredient jarang disebut persentasenya? Jadi, lebih amannya, kurangilah sedikit demi sedikit produk skincare beralkohol.

Jerawat dan Acidity Imbalance
 
Gak ada yang mau seperti ini, kan?
Tadi sudah dijelaskan, pH wajah yang seimbang menandakan mantel kulit yang utuh. Mantel kulit itu sendiri fungsinya menghalau mikroorganisme penyebab masalah kulit, salah satunya jerawat. Nah, sekarang apakah kalian tahu Propionibacterium acnes atau P.acnes???

Mari berkenalan... ^^

Pembesaran milyaran kali dengan mikroskop elektron. Bentuknya emang lucu begini, lho!!

Bakteri ini sebenarnya merupakan penghuni tetap di kulit manusia dan tidak mengganggu. Tapi.... kalau keasaman kulit kita kacau, maka bakteri tersebut akan merasa terancam eksistensinya dan mengadakan perlawanan dengan cara memperbanyak diri!! Dan kalau P.acnes udah tumbuh subur, tumbuh subur pula lah jerawat.... hiiiiii... >__<

Tips
1. Pilih cleanser dengan pH seimbang
2. Bersihkan kulit dengan seksama namun tidak berlebihan
3. Scrubbing atau Peeling itu memang diperlukan, tapi jangan sering-sering. Dan gunakan exfoliator yang juga bersifat asam, misalnya AHA.
4. kurangi produk perawatan kulit yang mengandung alkohol
5. Gunakan tabir surya di pagi-sore, karena sinar UV pun bisa merusak acid mantle
6. Masker tomat sepertinya ide bagus. Tomat memiliki tingkat keasaman yang hampir mirip dengn kulit lho

Merepotkan, ya??

Lindungi dirimu dari ancaman
Yah, mungkin untuk sebagian orang menganggap memikirkan mantel kulit adalah hal yang merepotkan. Apaah sih cuma selembar tipis tak terlihat saja diperhatikan?? Hehe.. padahal ga cuma ancaman bakteri aja yang akan mampir kalau mantel kulit rusak. Kulit bisa menjadi kering dan bagi orang dengan kecenderungan eksim, psoriasis dan penyakit alergi kulit lainnya akan membuat kulitnya semakin rentan.

Apalagi, kulit kita merupakan organ tubuh terluas yang kita miliki yang emang udah Allah ciptakan menjadi bodyguard pertama yang menghalau ancaman luar. Trus, udah dikasih kulit sama Tuhan, Tuhan membekali kulit itu dengan mantel pula! So, kenapa kita enggak bersyukur dengan pemberianNya? Minimal kita menjaganya agar tetap utuh kan? Wa Allhu Alam

Love, Momzhak

Beauty Talks | Mau Wajah Sehat? Kulitmu Harus Asam! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sa

0 komentar:

Posting Komentar