Sabtu, 29 September 2012

Beauty Talks | 5 Kebiasaan Klise untuk Kulit Sehat (Tapi Super Penting!)

*(Tulisan ini ku ambil dari blog lamaku. Keterangan baca di sini ^^)

Assalamualaikum ! ^^

Rada males gak sih baca judulnya klo bukan berhubungan dgn make-up atau skin care? Hehe. Tapi, serius deh emang ada beberapa good habits yang baik buat kulit kita. Dan sama sekali bukan omongkosong, yang namanya pola hidup yang baik bisa mempengaruhi kondisi kulit. Terutama kulit yg rentan. Rentan kering, rentan jerawat, rentan kusam, dll.

Misalnya aku, dulunya aku penderita Jerawat Hormon yg parah! Ok, tretinoin dan skincare acne yg lain bisa mengurangi jerawatku, tapi untuk mencegahnya agar tidak balik lagi kayaknya emang harus ada kunci yang tepat buat membukanya, yaitu: menyeimbangkan hormon itu sendiri! Dan banyak cara ternyata, misalnya rutin olahraga. Udah beberapa tahun ini aku gak pernah skip yang namanya olahraga (meskipun malas sangat), bahkan saat hamil aku tetap rutin olahraga. Dan itu terbukti, sekarang udah jarang banget tuh nongol cystic acne di dagu :)

Mau tetep nyimak? Yok, diterusin aja bacanya, ya... ^^

1. Ayo, Bergerak!

Hayo, siapa yang masih males olahraga? Atau yang udah keenakan naik mobil pribadi 7 hari dalam seminggu? Percaya atau enggak, gerak badan itu bagus banget buat melancarkan sirkulasi darah. Kalau sirkulasi darah kita bagus, hormon kita akan seimbang, nutrisi yang kita serap akan sampai merata ke seluruh tubuh. Makanya, buat yang rajin kedatengan jerawat hormon, oba introspeksi diri, udah cukup belum gerak badan kita selama ini? Atau yang ngerasa kulitnya kusam terus padahal udah pake produk ini itu makan berbagai suplemen kulit? Coba deh biasakan berolahraga, agar suplemen yang diminum sampai ke tempat tujuan.

Gimana caranya, kalau setiap hari sibuk ditambah kemana2 dianter/nyupir mobil sendiri?

1. Kalau akses transportasi umumnya lancar, bisa dicoba untuk merakyat dengan naik angkutan umum :D
2. Atau kalau tempat kerja/kuliah/dll terbiasa menggunakan lift, coba aja naik turun tangga. Gak usah banyak-banyak cukup 2 lantai setiap hari. 
3. Kalau gak mau berkeringat di tempat-tempat  yg tidak diinginkan,  nge-gym dong, tempat fitnes yang bagus-bagus udah banyak sekarang. Tapi jangan cuma jadi  member, rajin juga exercisenya, minimal seminggu 3x selama 1 jam.

Kalau emang betul-betul ga ada waktu, bisa dicoba jalan pagi setiap weekend :)


2. Pup yg Teratur


Jangan nyengir! :D
Sadar gak sih kalau 'sampah' yang tidak tepat waktu dibuang, maka usus besar kita akan menyerap kembali toksin2 yang ada di dalam feses (pup) yang seharusnya dibuang segera?? Kalau sari-sari sampah itu balik lagi ke sirkulasi tubuh, otomatis bakal mampir juga dong ke kulit. Nah, buat yang ngeluh jerawat (terutama jerawat di area pipi) gak ilang2 coba inget-inget kapan terakhir kali pup dengan teratur.

"Tapi gimana, kebisaaan pup-ku 2 hari sekali"

My Dear, yang namanya teratur itu gak harus setiap hari, lho. Semua tergantung dari habit kita masing-masing dalam ritual membuang sampah. Emang sih, kebanyakan tiap hari, tapi yang namanya manusia punya jam biologis yang bisa beda-beda. So, bisa aja ada 2 hari sekali ada yg 3 hari sekali dll. Yang penting: POLA nya sama, JUMLAHnya pas, dan JAMnya teratur. Misalnya: si A BAB tiap 2 hari sekali dan selalu seperti itu, Jumlah sampah yg keluar sama seperti biasa dan waktunya selalu setiap pagi.

Nah, gimana cara nya biar pup teratur?
1. Makan berserat setiap hari
2. Makan dengan porsi yang hampir sama setiap hari. Kalau kita lagi puasa, biasanya jadwal pup juga berubah. Atau kalau lagi kalap makan2... *lol
3. Olahraga. Gerak badan bisa melatih usus kita untuk tepat waktu membuang sampah. 
4. Minum air putih minimal 2liter sehari, biar gak konstipasi alias 'mampet'.

3. Minum Air Putih, yuk!

Aku sendiri paling males minum air putih. Minum air putih itu bukan kenikmatan tapi keharusan, hehe. Aku sendiri lebih suka minum jus tapi aku anti dengan softdrink seperti cola dan minuman di botol-botol plastik (kecuali minuman susu/teh kotakan).

Kayaknya keajaiban air putih gak usah panjang lebar lagi dibahas. Air itu emang sumber kehidupan, termasuk hidupnya kecantikan kulit kita seutuhnya, hehe.
Ok, wajah kusam bisa ditutup dengan make-up, tapi jangan pernah membuat kulit tubuh yang lain tersiksa. Lihat, kulit tangan kita yang kerontang karena kekurangan minum! ^^;

4. Begadang Jangan Begadang...


Maap Bang Oma, aku gak punya kebiasaan tidur yg baik... -__-"

Pertama aku punya insomnia, kedua kayaknya Tuhan emang udah mentakdirkan aku untuk menjadi makhluk nokturnal *LOL. Aku gak bisa tidur dibawah jam 12 malam bahkan saat weekend. Jam tidur ku cuma 3-4jam sehari. Gak heran juga sih, kalau sampai sekarang melihara 'mata panda'.

Tapi, meski katanya yang terpenting adalah kualitas tidur yang baik bukan kuantitas tidur yang panjang, tidur di awal waktu dengan jumlah yang pas sekitar 6-8 jam itu bisa memberikan kesempatan bagi sel-sel kulit kita untuk beregenerasi. Jadi, kalau regenerasi kulit kita bagus, pengelupasan sel-sel kulit mati akan berjalan lancar dan ucapkan selamat tinggal pada kulit kusam, mata panda, bruntusan, etc.

Dan, kebiasaan tidur yang buruk merupakan stressor yang dapat merangsang kelenjar adrenalin untuk mengeluarkan hormon androgen berlebih yang menjadi biang kerok tumbuhnya jerawat hormonal.


5. Jangan Lupa Makan Sayur dan Buah :)

Jangan cuma rajin nemplokin masker buah ke muka lho, tapi males makan sayur dan buah. Padahal tahu gak sih, nutrisi buah yang terserap oleh usus itu jauh lebih besardaripada yang diserap oleh kulit.
Kalau kalian hobi maskeran pakai sayur dan buah, nutrisi yang diserap kulit cuma mentok di epidermis aja. Kalau kalian cukup makan sayur dan buah, nutrisinya akan masuk melalui dermis kemudian menyebar ke epidermis, kena deh semua lapisan kulit!! Dan gak hanya kulit wajah, tapi seluruhnya! :D

Cuma kebanyakan dari kita kan maunya instan. Ya gapapa juga kok maskeran buah (aku juga sering, hehe)  cuma kita harus tahu kelebihannya apa dibandingkan dengan mengkonsumsinya langsung.

Kalau aku sendiri lebih suka buah-buahanan tropis khas nusantara misalnya belimbing, jambu-jambuan, pisang, pepaya, mangga, dll. Gak tahu kenapa gak suka buah-buahan impor seperti apel, jeruk mandarin, kiwi dll. Buah impor yang aku suka cuma buah peach dan kurma :9

Ah, good habits-nya 5 dulu aja... Sebenarnya mau bikin 7 *lol tapi ini aja dulu deh... Mungkin ada yang mau menambahkan??? :)

Love, Momzhak

Beauty Talks | 5 Kebiasaan Klise untuk Kulit Sehat (Tapi Super Penting!) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sa

0 komentar:

Posting Komentar