Minggu, 03 Maret 2013

Halal Info | (Updated) Kosmetik Halal itu Banyak, Lho!

UPDATE!! PAC Martha Tilaar Halal MUI
http://nuncabebovino.blogspot.com/2013/03/pac-martina-berto-mendapat-serifikasi.html
UPDATE!! Mustika Ratu sudah bersertifikat halal
http://nuncabebovino.blogspot.com/2013/06/sertifikasi-halal-mustika-ratu-finnaly-b.html

UPDATE!! Ternyata VIVA Cosmetics sudah Halal MUI Jatim
http://nuncabebovino.blogspot.com/2013/06/viva-cosmetics-sudah-bersertifikat.html

UPDATE!! Kosmetik2 Halal Terbaru Mei-Juni
http://nuncabebovino.blogspot.com/2013/07/informasi-lengkap-kosmetik-halal-mui.html


Assalamualaikum...^^


Berdandan buat para cewek sepertinya sudah menjadi fitrah. Fitrah seorang wanita memang selalu ingin mempercantik dirinya, secara fisik. Dalam Islam berdandan itu boleh kok, asal jangan berlebihan dan diperhatikan kehalalan produk yang digunakan. Berdandan dengan sesuatu yang masybuh (syubhat), atau yang kehalalannya belum jelas mungkin saja tidak dilarang, meski lebih baik dijauhi. Namun, berdandan dengan sesuatu yang halal adalah lebih baik di mata Allah. Jadi, gak usah ragu untuk menggunakan produk kosmetik yang udah dapet sertifikat halal resmi dari MUI, ya. ^^

Dan kalau dikira produk lokal yang halal itu masih sedikit, jangan salah, lho... produk buatan dalam negeri yang uadah dapet sertifikat halal itu udah banyak! Dan kualitasnnya juga gak usah ditanya lagi.

Mungkin sebagian dari kita udah tahu ya beberapa yg punya logo halal, misalnya Wardah. Tapi gak cuma itu ternyata.

Mau tau apa aja...? 

Check this out

1. WARDAH


Siapa  yang gak kenal Wardah?  Kometik ini dari awal kemunculannya memang sudah melabelkan diri sebagai pelopor kosmetik halal. Wardah itu termasuk merek lama, sejak tahun 1995 produk ini telah ada di pasaran tapi memang belum meluas seperti sekarang.

Setahuku, dulu Wardah cuma dijual di kios-kios kecil aja. Sekarang Wardah lebih mudah didapatkan karena sudah dijual di banyak tempat seperti di departemen store, drugstore dan hipermarket seperti Carrefour dan Hypermart

Line kosmetiknya juga lumayan lengkap. Mulai dari Make-up, Skin care, Body care dan fragrance series. Wardah itu di dominasi dengan warna2 lembut, packagingnya pun warnanyanya soft seperti bitu muda. Love it.

2. SariAyu Martha Tilaar


Sepertinya kualitas produk kosmetik merek lokal yang satu ini sudah tidak diragukan lagi deh, ya? Ditambah Sariayu merupakan pemain lama dalam industri kosmetik. Semakin lengkap lagi kalau Sari Ayu kini telah mendapat sertifikat halal dari MUI pada bulan Maret tahun lalu.Alhamdulillah. 

Macam produk kosmetiknya beragam, sama seperti Wardah. Tapi, aku pribadi kurang suka dengan produk skin carenya, rasanya kurang cocok di wajahku. Yang ku suka adalah produk make-upnya. Rasanya, makin lama kulitas produknya makin baik. Dan yang paling aku suka adalah Tren Warna yang selalu inovatif setiap tahunnya. Tren Warna Sariayu sudah ada sejak tahun 1987 *wow. Tapi, aku sendiri baru mengikuti tren-nya 3 tahun belakangan ini #telatt :p

Sumbernyahttp://www.martinaberto.co.id/default.php?page=martinaberto&id=61&lang=id


3. Caring Colours
Salah satu produknya. Pinky.

Nah, Caring Colours ini merupakan sister line dari produknya Sariuyu. Yang aku suka dari produk ini adalah kemasannya yang didominasi oleh warna PINK! Dan kualitasnya pun gak kalah dengan Sariayu. Sertifikasi halal sudah diterima CC bersaamaan dengan SariAyu. Sayangnyam produk CC sedikit banget ngeluarin seri skincarenya.

Sumber: Sda Sariayu

4. Ristra
Range produk whitening Ristra.

Aku suka banget sama produk skincare dari Ristra! Saking sukanya, ada satu produk yang sudah 5 tahun kupakai tanpa henti! Dan aku makin seneng kalau Ristra sekarang udah mendapatkan sertifikat halal. Alhamdulillah.

Ristra ini didirikan oleh seorang dokter spesialis kulit, yang namanya menjadi singkatan merek yang beliau ciptakan, yaitu dr. Retno Iswari Tranggono, Sp.KK. Produknya lebih menekankan kepada perawatan kulit wajah, meski Ristra pun memiliki produk make-up yang lumayan lengkap.

Selain Ristra, Trustee pun sudah mendapakan sertifikat halal MUI. Trustee sendiri merupakan produk Ristra yang dikhususkan untuk kulit remaja dan dengan harga yang lebih terjangkau.

Sumber: http://www.ristra.co.id/ristra_v4/04aboutristra/SertHalal/Halal.html


5. Inez Cosmetics

Inez-SH
Tidak banyak yang tahu kalau produk lokal yang satu ini sudah mendapatkan SH dari MUI pada tahun 2011 lalu. Kosmetik lokal ini memang sudah terkenal lama dengan produk tatariasnya, meski sebenarnya Inez pun mengeluarkan seri perawatan kulit.
Memang Inez ini tidak banyak kita dapatkan di store besar, biasanya banyak ditemukan di toko-toko kosmetik saja, namun akhir-akhir ini Inez sudah mulai sering menjadi sponsor di berbagai macam acara2 televisi. Tidak menutup kemungkinan Inez akan menjadi seperti Wardah, apalagi sebenarnya kualitasnya memang bagus. Sayang, aku kurang suka dengan kemasannya yang kesannya 'old-school' gitu.
Dan meski aku belum pernah menggunakan produknya, namun aku tahu bagi yang sudah pernah mencobanya banyak yang akhirnya menjadi pengguna setia Inez. 
Sumber: http://www.inez.co.id/about.html



Dulu, La Tulipe yang diproduksi oleh PT. Rembaka ini pernah dipertanyakan kehalalan produknya karena salah satu produk perawatan kulitnya terbukti menggunakan swine placenta alias plasenta babi. Namun itu tidak lama, karena PT. Rembaka langsung mengganti bahan baku swine placenta menjadi phyto-placenta sekaligus mendapatkan sertifikasi halal dari MUI Jatim pada tahun 2009.  (Sumber: Nanung Danar Dono, Dosen Fakultas Peternakan UGM Yogyakarta. PhD student di College of Medical, Veterinary, dan Life Sciences, Univ. Glasgow, Scotland UK).

Waktu INDHEX (Indonesia Halal Expo) tahun 2012, La Tullipe ikutan jualan, kok. So, gak usah ragu lagi untuk pakai semua produk dari La Tulipe (kesannya kayak ngiklan gini, khehe)

****

Nah, yang diatas itu baru beberapa, lho. Sebenarnya masih ada banyak lagi. Misalnya untuk produk klinik kulit, seperti London Beauty Center (LBC) sudah punya sertifikat halal. Kemudian, merek Enchanteur, Freya, dll. 

Dan aku yakin akan ada banyak kosmetik di Indonesia yang mendapatkan sertifikat halal. Ditunggu saja. Dan mungkin lain kali akan aku update kembali postingan ini.

Thanks for reading, Qonitas! ^^
Love, Momzhak

Halal Info | (Updated) Kosmetik Halal itu Banyak, Lho! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sa

0 komentar:

Posting Komentar