Senin, 06 Mei 2013

Body Spa | Bali Alus Massage Oil with Aromatherapy

Assalamualaiku, Qonitas! ^^



Hayo, siapa yang demen dipijet? Pasti banyak nih yg ngacung... Yaiyalah, dipijet-pijet sama diurut-urut kan enak, apalagi kalau lagi pegel-pegelnya, yuhuuu.... ^^  Aku juga suka dipijat. Biasanya yang mijat itu si Bibi yang kerja di rumah. Asisten ku itu selain resik dan gesit urusan bersih-bersih ternyata uenak tenan pijetannya. Kalau dipijet si Bibi biasanya suka aku kasih uang tip, habis saking enaknya dan dia mau berlama-lama mijetin aku, sampe ketiduran, groookkkzzzz.... haha...Trus, tambah enak lagi kalau pijatannya ditemani dengan wangi-wangianan yang menenangkan. Hmmmh.

Nah, ngomong-pijet pijet dan wewangian, sekarang aku mau review Bali Alus Massage Oil sekaligus ngomongin beberapa wangi-wangianan yang bisa menggugah mood kita, biasanya disebut dengan wewangian aromaterapi.

Percaya atau enggak, yang namanya wangi-wangian tertentu memang memiliki efek tersendiri terhadap mood kita bahkan kesehatan tubuh kita. Aku juga gak tahu pasti gimana bisa begitu dan apa pulak teorinya... haha.. --> Ya sudahlah, kesenangan jangan terlalu dibawa serius >< (maklum, aku ini manusia yg berorientasi fakta, teori, dan logika haha... #abaikansaja).

Baiklah, karena memang saya makhluk teoritis tambeng macam itu, akhirnya gak tahan juga untuk tidak mencari tahu kenapa aromaterapi bisa mempengaruhi mood dan seseorang
Menurut Dr. Alan Huck ( psikiater sekaligus neurolog dan Direktur Pusat Penelitian Bau dan Rasa di Chicago) Bau berpengaruh langsung terhadap otak manusia, mirip narkotika. \Hidung kita memiliki kemampuan untuk membedakan lebih dari 100.000 bau yang berbeda yang mempengaruhi bagian otak yang berkaitan dengan mood (suasana hati), emosi, ingatan, dan pembelajaran. Misalnya, dengan menghirup aroma lavender maka akan meningkatkan gelombang-gelombang alfa di dalam otak dan gelombang inilah yang membantu kita merasa rileks. Sementara dengan menghirup aroma melati maka akan meningkatkan gelombang-gelombang beta dalam otak yang meningkatkan ketangkasan dan kesiagaan.
Kesimpulannya, wewangian tertentu yang terhirup bisa mempengaruhi frekuansi gelombang di otak... :)

Back to topic. 

Bali Alus Massage Oil ini minyak urut yang emang ada wewangiannya karena mengandung essensial oil (minyak aromatik). Jadi, untuk wanginya gak bisa dibilang strong karena emang fungsi utamanya sebagai minyak urut, jadi minyak ini gak bisa dipake di tungku aromaterapi buat pengharum ruangan. Tapi kalau untuk pijat, kekuatan wanginya cukup harum dan memiliki efek menenangkan... Ahh... -__-

Mari kta kupas satu-satu.


TEH HIJAU
Fungsi Aroma: Konon aromanya bisa membawa ketenangan pikiran dan meningkatkan konsentrasi. Sebagaimana kalau kita minum teh hijau, duh kayaknya damaaaai banget deh hati dan kepala.




KAMBOJA
Salah satu pohon tercantik di dunia: POHON KAMBOJA! Pohonnya cantik, bunganya apalagi. Dan ternyata wanginya enak banget. So energizing!

Heran, kenapa pohon secantik ini dianggap sebagai bunga kuburan/bunga yang nyeremin? Justru kenapa banyak di tanam dipekuburan, agar suasanyanya menjadi tentram (gak hororrr).

Fungsi Aroma: Tom Suhalim, pakar energi bunga dan penghusada “Dipadu dengan bunga lotus, bunga kamboja bisa menjadi aromatherapy untuk anak-anak autis. Bisa ditaruh ruangan belajar atau kelas khusus untuk anak-anak autis yang sedang belajar,” Pendapat itu dibenarkan oleh Dr Amarullah H Siregar, DIHom, DNMed, MSc, PhD, ahli naturopati di Jakarta. Bunga kamboja, katanya, lebih dikenal sebagai eternal parfum sehingga bunganya sering diindikasikan sesuai untuk menangani kasus-kasus yang mengarah pada gangguan psikis, seperti kelelahan mental, relaksasi pada lelah fisik, agresivitas berlebihan, dan juga sebagai obat penenang. Namun diingatkan, efek yang diperoleh sangat bersifat individual dan tergantung status medis orang per orang. (www.health.kompas.com )



MELATI
Aku penyuka bunga-bungaan. Terutama bunga-bunga nusantara (Kecuali Rafflesia!) seperti Kamboja, Sedap Malam dan Melati. Melati ini selain cantik nian bunganya, aromanya harum sekali. Aku gak pernah bosan dengan aroma melati. Melati selalu mengingatkan aku pada acara-acara khusus dan sakral, seperti acara pertunangan, pernikahan dll. Dan lagi-lagi, mengapa bunga secantik ini dianggap bunga yang mengerikan? Ah, cape deh kalau bawaannya negatif melulu.

Fungsi Aroma: Sebagai aphrosidiak (google it). Dan seperti yang dilansir Toho Studies di University School of Medicine di Tokyo menunjukkan bahwa melati juga meningkatkan tingkat kewaspadaan mental dan merangsang gelombang otak.



SEREH
Tau Sereh kan? Itu lho yang biasa dikeprek, diulek buat bumbu masak. Kalau dicium langsung, duh baune nyegrak... Gak enak. Tapi, kalau udah jadi minyak sereh, wanginya gak terlalu strong. Tau kan minyak cap tawon? Nah, bau serehnya itu paling dominan. Dan, minyak sereh itu bisa jadi semacam repelent alias anti nyamuk topikal. Karena nyamuk emang gak demen bau sereh!!  Untuk fungsinya terhadap mood, aku gak tahu pasti.


AROMA BUAHIni belom aku buka, aku kurang bisa mendeskripsikan wanginya. Fungsi Aroma: wangi buah2an seperti lemon, jeruk, citrus, apel memang bermanfaat untuk mem-boost mood kita yang lagi loyo. Energizer. Bikin semangat!!

NO. POM
Perhatikan yang dilingkar putih

Yang bikin bingung, masalah izin POMnya. Di kemasan lain ada nomer kode POMnya, tapi di botol lainnya enggak, cuma nomer kode dari DEPKES. Bingung. Aku sendiri belum cari tahu apakah nomer tersebut valid or no.

HALAL ATAU TIDAK?

Ingredients

Ini penting banget, seenggaknya buat blog ini. Hehe. Aku pernah tanya langsung ke Bali Alus mengenai kehalalan produknya, tetapi belum ada respon. Namunn, kalau aku melihat dari ingredientnya, semuanya murni dari TUMBUHAN. Dan mudah-mudahan Bali Alus segera merespon emailku.

Kesimpulannya: Aku suka sekali dipijat dengan sensasi aroma yang menenangkan semacam ini. Dari kemasannya aku suka, dari tekstur aku suka, dari aroma juga suka, dari harga juga gak mahal. Cuma belum bisa didapatkan secara bebas (harus online) dan NO. POM dan Depkesnya belum aku tracking.
Score:

Body Spa | Bali Alus Massage Oil with Aromatherapy Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sa

0 komentar:

Posting Komentar