Rabu, 24 Desember 2014

Make Up | ZOYA Cosmetics Natural White Two Way Cake


Kalau ada yang suka beli kerudung dan baju muslim, pasti kenal merk ZOYA. 

Jauh sebelum marak merk designer hijab, merk Shafira (versi murahnyIW)n brand kosmetik sendiri, namanya ZOYA Cosmetics. Kabar bagusnya, produk ini sudah bersertifikat halal dari MUI, lho. Hmm, makin banyak deh pilihan kosmetik halalnya :D

Kemasan kosmetik keluaran Zoya pun lucu-lucu dan gak pasaran, beda sama kosmetik lokal lain yang kadang kemasannya suka sama -cuma beda warna-. TWC yang akan kureview kali ini pun punya casing yang bagus, tapi apakah penampakan luarnya sebaik kualitas dari produknya? 


DESKRISPSI PRODUK

ZOYA Cosetics Natural White Two Way Cake adalah bedak plus foundation yang tentunya sudah kita kenal dengan istilah two way cake (TWC).

Kalau dilihat dalam deskripsi produknya, bedak ini memiliki formula microcoated yg bisa menghasilkan tampilan makeup yang lebih natural dan tidak menggumpal.

Kemudian ada kandungan Grape Seed Oil sebagai anti oksidan. Sayangnya, grape seed oil untuk mereka yang cenderung berjerawat bisa menjadi ancaman, karena kalau ditilik dari comedogenicity ratings, grape seed oil termasuk salah satu yang paling berpeluang meimbulkan komedo dan bakal acne.

Sebagai syarat memasukkan kata 'natural white' dalam bedak ini, ada kandungan ekstrak Mulberry yang bermafaat sebagai pencerah wajah.

Terakhir, bagian terpenting (bagi aku) dalam sebuah bedak adalah UV filter.

Deskripsi Produk dan Kandungan

KEMASAN 

Dari awal mengenal Zoya Cosmetics, TWC ini lah yang paling mencuri perhatian diantara semua produknya, karena packagingnya bagus dan gak seringkih TWC halal merk tetangga (yang masih jadi favoritku sampai sekarang, btw)

Casingnya bundar berwarna putih dan tampak kokoh. Tidak seperti TWC lokal kebanyakan, saat casing-nya dibuka yang pertama kita lihat adalah wadah spons, barulah saat kita buka lid berikutnya tampak wadah bedaknya

Aku sulit mendeskripsikan seperti apa detilnya, yang jelas memang terlihat bagus. Jelas lah, karena sebelum ZOYA merambah kosmetik halal, ZOYA sudah lama dikenal di industri fashion.

Casing
Wadah Spons

Dibalik wadah spons, baru bedaknya.

 

SHADE

Pilihan warna yang ditawarkan ZOYA cosmetics TWC ini ada 3: Sand (paling gelap), Translucent dan Blossom (paling terang).

Nah, karena katanya shade Translucent itu paling bagus untuk orang berkulit kuning langsat, jadinya aku pilih ini. 



TEKSTUR

Tekstur dari TWC ini sangat lembut. Formula microcoated-nya menurutnya memang terbukti baik. Sama sekali tidak terasa berat di wajah.
        

COVERAGE

Shade yang aku pilih pada bedak ini sepertinya memiliki arti sesungguhnya. Iya, Translucent di sini betul-betul translusen alias nyaris transparan! 

Saat menggunakan TWC ini, hampir tidak ada bedanya dengan tidak menggunakan bedak. Mungkin, lebih mirip compact powder biasa dibandingkan two way cake.

Awalnya kukira shade Translucent nya lah yang memang bisa menyesuaikan dengan warna kulitku. Namun setelah kuperhatikan lagi, TWC ini memang tidak terlalu mengcover pori-pori, bahkan noda jerawat yang hampir pudar.

Tidak terlalu lazim bagi sebuah TWC memiliki coverage yang sheer seperti ini, mengingat yang membedakan TWC dengan compact powder biasa adalah daya tutupnya.


Hampir tidak ada bedanya.

OIL CONTROL

Saat kalian bertanya tentang oil control, tanyalah pada mereka yang kulitnya berminyak. Percuma tanya sama yang kulitnya normal, karena mereka akan selalu bilang 'bagus-bagus aja kok'. Hehe

Nah, untuk orang yang kulitnya berminyak sepertiku, pasti mencari produk makeup yang sebisa mungkin cocok. Dan oil control pada bedak ini... average lah. Pas pokoknya, yang penting tidak membuat wajahku berminyak lebih cepat. 

OXIDIZE?

Selain oil control, saat mencari produk complexion makeup, pasti aku mempertimbangkan kemungkinan mereka untuk teroksidasi, alias menjadi tampak gelap dari saat awal mula diaplikasikan.

Oksidasi kan sebenarnya proses alam akibat paparan udara. Yah, seperti apel yang dikupas trus jadi cokelat setelah beberapa lama terpapar oksigen.

Nah, kalau makeup bisa oxidize, itu kenapa ya??

Aku sendiri tidak terlalu paham. Tapi, ada yang bilang, oksidasi pada makeup terjadi karena kandungan mineral pada produk bereaksi dengan lemak/minyak yang ada dipermukaan kulit ataupun kandungan minyak yang ada pada base makeup misalnya pelembab, sunscreen.

Sayangnya, saat menggunakan bedak ini, beberapa lama kemudian wajahku terlihat lebih kusam alias menggelap. Dengan kata lain, bedak ini oxidize dengan suksesnya di kulitku.

Biasanya, oksidasi pada bedak dipengaruhi juga kan dengan base yang kita pakai. Dan base yang aku pakai sehari-hari hanya sunscreen. Aku belum coba base lainnya. Mungkin lain kali bisa dipakai sebagai finishing powder, mengingat tekstur bedak ini sangat ringan, jadi kayaknya gak akan cakey kalau digunakan untuk setting foundation cair.

RESUME

  • Plus: Halal certified, Nice packaging, tekstur ringan, oil control lumayan
  • Minus: daya tutupnya kurang bagus (sheer coverage), oxidize. 

Terakhir, karena mengandung grape seed oil, TWC ini tidak ku rekomendasikan untuk kulit berminyak karena punya comedogenicity rate yg tinggi. Tapi sepertinya itu tidak selalu berlaku untuk semua kulit berminyak, karena aku sendiri tidak memiliki masalah dengan grape seed oil :))

Make Up | ZOYA Cosmetics Natural White Two Way Cake Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sa

0 komentar:

Posting Komentar