Kamis, 26 Januari 2012

Ingredients | Brightening Skin Ingredients

*(Tulisan ini ku ambil dari blog lamaku. Keterangan baca di sini ^^)

-ilustrasi-
Untuk kebanyakan perempuan Asia, kulit putih bisa jadi nilai plus kecantikan yang sudah dimiliki. Aku ga bisa memungkiri fakta seperti ini, mengingat produk pemutih di Asia emang laku di pasaran.
Dan yang menyukai produk pemutih ga cuma mereka yang memiliki warna kulit yang lebih pigmented, untuk cewek yang tone kulit nya memang sudah cerah pun sering mencari skin care yang dapat membuat kulitnya lebih putih.^^

Di sini aku akan menjelaskan secara singkat beberapa zat aktif pemutih kulit dari produk skincare bebas yang biasa dijumpai di banyak supermarket atau drugstores. Biasanya memang relatif aman dan kebanyakan berasal dari ekstraksi bahan-bahan natural.

Glicolic Acid
Merupakan salah satu dari keluarga AHA. Memiliki efek eksfoliasi dalam mecerahkan kulit. Sebenarnya konsentrasi Glycolic acid (GA) memiliki range yang besar. Dari 1% sampai 80%. Namun yang tersedia di pasaran hanya 1%-10% nya saja. Seperti keluarga asam yang lain, GA mempercepat pergantian sel kulit mati sehingga kulit tidak tampak kusam dan pertumbuhan kulit baru menjadi lebih optimal. Selain untuk pencerah, GA dapat digunakan sebagai anti-aging untuk mrnyamarkan 'fine-lines' dan terapi tambahan untukane
Contoh produk: Bless® Resurfacing Cream (Glycolic acid 9,4%)

Lactic Acid
Termasuk kedalam kelompok AHA juga, namun LA relatif lebih 'mild' untuk individu dengan kulit yang sensitif. LA jarang tersedia sebsagai zat aktif tunggal dalam suatu produk pencerah, biasanya LA dikombinasikan dengan keluarga AHA yang lainnya.
Contoh produk: Meladerm® Pigment Reducing Complex

Niacinamide
Niacinamide atau vitamin B3 sepertinya cukup populer sebagai zat aktif di beberapa produk pencerah kulit. Vit. B3 mencerahkan kulit dengan cara menghambat transfer melanosom dari melanosit ke keratinosit. Biasanya Vit. B3 dikombinasikan dengan bebrapa jenis pemutih lain untuk hasil yang lebih maksimal. Oiya, Vitamin B3 juga bisa menjadi terapi tambahan untuk acne yang meradang.
Contoh produk: Olay® White Radiance, Shu Uemura® ‘White Recovery EX+’ Brightening Cream

Vitamin C
Dikenal sebagai anti-oksidan alami. Jika digunakan sebagai produk pencerah kulit, vit C bekerja dengan menghambat pemebentukan melanin. Dalam ingredient suatu produk yang mengandung vitamin C, bisa kita temukan zat aktif seperti L-ascorbic acid, magnesium ascorbyl phosphate, sodium ascorbyl phosphat.
Contoh produk: Vit. C Skin Boost The BodyShop®,  Clarins® White Plus HP Total Whitening Essence 

Arbutin
Masih satu keluarga dengan hydroquinone, namun arbutin merupakan bahan natural dan relatif lebih aman untuk digunakan jangka panjang. 
Contoh produk: Skin Aqua Whitening, Skinceuticals® Phyto +, Hada Labo Shirojyun

Ekstrak lemon
Berasal dari sari buah lemon tentunya. Sudah digunakan sejak lama sebagai pencerah kulit. Hal itu mungkin disebabkan kandungan Vitamin C yang tinggi dalam sari buah lemon ini. Namun, untuk beberapa orang ekstrak lemon bersifat iritatif dan membuat kulit lebih kering.
Contoh produk: Garnier Light Complete

Licorice Extract
Licorice atau akar manis  menghambat pigmentasi dengan cara menghambat aktifitas enzim tyrosinase. Karena bahan dasar licorice ini murah dan mudah didapat, maka licorice sering menjadi zat tambahan produk-produk pencerah dalam berbagai banyak merek.
Contoh produk: Nivea® Visage Sparkling White, Chanel® Precision Blanc Essentiel Nanolotion

Kojic Acid 
Asam ini ditemukan pada tahun 1989 di Jepang secara tidak sengaja saat pembuatan sake (dengan proses fermentasi beras).
Berasal dari turunan jamur-jamuran dan terbukti melalui riset mampu mencerahkan kulit dengan menghambat produksi melanin. 
Contoh Produk: Melanox ES


Nah itulah beberapa ingredient aktif untuk pencerah kulit. Sebenarnya masih ada yg lain seperti ekstrak bengkuang, madu dan yoghurt. Tapi sepertinya masih kurang populer dan belum terlalu jelas bagaimana cara kerjanya dalam mencerahkan kulit.

Wa Allahu Alam
Love, Momzhak

Ingredients | Brightening Skin Ingredients Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sa

0 komentar:

Posting Komentar