Selasa, 30 April 2013

Skin Care | Gyaa, Jerawat!

Hi, Acnes!
Assalamualaikum, Qonitas! Gimana kabarnya?? InsyaAllah selalu baik ya :)

Eummm, foto di atas itu, foto saat aku jerawatan beberapa hari lalu. Mau ditutupin pake makeup kaya gimana juga & mau muka diimut-imutin segala rupa, tetep aja kalau jerawatan kayaknya ada yg kurang gitu, huehehe. Alhamdulillah sekarang sih udah mendingan banget...

Jadi, hampir semingguan lebih tiba-tiba jerawat dateng gitu aja gak pake permisi. Ugh. Padahal satu hari sebelumnya muka ku dalam keadaan baik-baik aja. Tapi pas bangun tidur keesokan paginya, tereeeng... beberapa bakal jerawat udah berasa nonjol dan sakit banget kalau dipegang. Semuanya ngumpul di dagu, udah kaya reunian aja pada janjian semua di situ, XD

Padahal selama tahun 2013 ini aku belum pernah jerawatan! Ya, aku memang udah jarang banget jerawatan dalam 3 tahun terakhir ini. Terakhir jerawatan parah waktu hamil anak pertama, setelah itu paling cuma numbuh 1 (paling banyak!!), itupun kalau mau haid.

Nah, jerawatan yang kemarin ini emang bikin kaget. Karena muncul tiba-tiba pas baru bangun tidur, dan buanyak pula, dan di dagu semuaaa... *waaaa! Padahal mens bulan ini udah lewat, skincare gak gonta-ganti, make-up sehari-hari juga tipis banget (jarang pake primer, foundation, dkk --> pokoknya produk2 yang acnegenic). Tapi ya aku bersyukur juga, karena jerawatnya cuma area dagu/rahang bawah aja, pipi, jidat masih mulus-mulus aja, Alhamdulillah.

Karena pola sebaran jerawatku ini khas (cuma ada di area rahang bawah) dan jerawat yang menyerang rata2 jenis cystic, aku curiga jangan-jangan hormonku lagi gak bisa diajak damai nih. karena jerawat hormon itu biasanya emang tersebar di area rahang dan cenderung besar-besar juga nyeri rasanya (ciri cystic acne). Aku mikir, ini jangan-jangan gara-gara aku kurang tidur. Emang sih, beberapa minggu ini siklus tidur aku kacau banget. Rata-rata tidurku cuma 4-3 jam aja, tidur pagi bangun pagi lagi, begitu... Memang yang namanya kurang tidur, biasanya akan mencetuskan stress pada tubuh kita yang bisa membuat kondisi hormonal menjadi tidak seimbang (terutama hormon androgenik).

Padahal, aku udah tahu kalau kurang tidur bisa jerawatan, tetep aja demennya begadang (tapi begadang yang bermanfaat sih, hehe). Kalau kata suamiku, aku ini Manusia Nokturnal *gyaaaaak.... ><

Dibawah ini ada beberapa gambar tentang jerawatku kemarin.. Aku foto untuk sharing aja, kali aja ada yang senasib sepenanggungan (yg senasib monggo komen di bawah, mahaha...). Hati2, gambar-gambarnya kebanyakan DP alias disturbing picture, :p


Tanggal 21-04-2013
Ini foto hari kedua., Udah ada yang mateng satu tapi jerawat yang lain masih mendem2, kalau diraba berasa gede benget di bawah kulit dan sakitttt.... ><


Tanggal 24-04-2013
Udah mulai pada sembuh, tapi kulit jadi kering dimana-mana soalnya aku pakein tretinoin. Kabar bagusnya, beberapa jerawat yang aku kira harusnya erupsi (mateng trus pecah), akhirnya gak jadi erupsi... :) Padahal sempet ngeri bakalan purging gila-gilaan gara-gara tretinoin (soalnya udah lama gak pake). Alhamdulillah

Tanggal 30-04-2013
Ini kondisi kulit terakhir. Udah sembuh total!! Dan kulitku udah gak terlalu kering lagi akibat si tretinoin... Alhamdulillah... ^^

Ini masih foto kaya di atas.
Meskipun udah sembuh, tapi tetep masih ada masalah yang lain: NODA JERAWAT!!
Yea, ngobatin jerawatnya sih sebentar, ngilangin bekasnya ini ni... pe-er banget... -__-"


Ya, begitulah. Hampir sepuluh hari sepuluh malam ngobatin jerawat ku ini. Ini termasuk cepet lho sembuhnya, soalnya dulu aku pernah jerawatan berbulan-bulan gak ilang-ilang... Hiks.

Kok sembuhnya cepet amat?

Alhamdulillah emang cepet banget, mungkin ya karena ada ikhtiarnya dong... :D Kalau gak usaha, bukannya sembuh malah tambah buanyak jerawatku, gak deh...><

Karena sepertinya jerawatku disebabkan hormonal imbalance (masih taraf ringan sih), berarti cara ngobatinnya harus terfokus kepada usaha untuk menyeimbangan hormon di tubuhku. Antara lain:
  1. Tidur Cukup --> rada susah sih, haha.
  2. Minum air putih banyakan --> kalau biasanya 2 literan, sekarang lebih banyak lagiii!! ^^)
  3. Olah raga --> Gak sempet, tapi paksa-paksain :p --> Percaya atau enggak, olahraga itu ampuh banget buat menyeimbangakan hormonal imbalance.
  4. Pake obat jerawat dong (jagoan-jagoanku...) -->Yup, dalam mengobati jerawat aku emang punya beberapa jagoan.Yuk, kenalan... ^.^

Inilah Mereka... :)
KETERANGAN GAMBAR

1. Hada Labo Gokujyun Lotion (For Dry-Normal Skin)
Ih, emang ini bisa ngobatin jerawat?? Kalau ngobatin ya emang GAK BISA, tapii.....PELEMBAB INI PENTING BANGET, soalnya aku ngobatin jerawatnya pake TRETINOIN! Tretinoin itu bikin kulit jadi kering sekering-keringnya, karena memang salah satu efeknya mengurangi aktifitas kelenjar minyak.

Hada Labo Ultimate Moisturizing Lotion (click to enlarge)
Nah, bagi aku HL lotion ini bisa mengurangi kekeringan yang disebabkan oleh tretinoin tersebut. Seandainya aku pakai tretinoin tanpa pelembab super macam ini, bisa-bisa kulitku mengelupas banget, perih-perih, dan iritasi. Lihat aja foto jerawat di atas tadi, kulit keringnya gak terlalu heboh kan? Hada Labo ini dipakai sebelum gunakan Tretinoin. Setelah meresap sempurna, baru deh dioles tretinoinnya

Apakah produk  ini halal??
Hada Labo mengklaim semua produknya bebas dari segala konstituen hewani. Keterangnnya sudah pernah ku posting di sini.

2. VITACID Tretinoin 0,05% (obat jerawat malam)
Ini baru obat jerawat yang paling maksyuss di aku! ^^  Alhamdulillah, pake ini jerawat pada kering dan sembuh. Dipakai hanya untuk malam hari saja, karena tretinoin itu bersifat photosensitive (peka cahaya matahari). Efek sampingnya lumayan juga, yang paling menyiksa bagi aku adalah kering dan  mengelupas (apalagi aku pake tretinoin yang dosisnya 0,05%). Tapi karena pakenya combine sama Hada Labo Gokujyun Lotion, efek sampingnya bisa ditekan.

Apakah produk ini halal?  Nah, ini aku gak tahu sama sekali. Aku belum pernah cari tahu apakah produk-produk obat dari PT SDM menggunakan bahan-bahan halal atau tidak. Statusmya masih syubhat jadinya... :(

3. Sebamed Clear Face Anti Pimple Gel (Obat jerawat pagi)
Nah, kalau pagi aku pake ini sebelum beraktifitas. Dipakainya sebelum menggunakan SUNBLOCK. Menurut aku, obat ini sama hebatnya kaya tretinoin. Bedanya, obat ini bisa dipake kapan aja dan bisa meredakan jerawat yang meradang.

Sebamed Clear Face Anti Pimple Gel
Tapi, kalau cuma pake ini aja (gak combine tretinoin), sembuhnya rada lama menurutku. Mungkin karena  Sebamed ini lebih ke anti inflamasi untuk meredakan bengkak dan merah, tapi efek mematangkan dan mengeringkan jerawat gak sebagus Tretinoin. IMO.

Apakah produk ini halal?  Sebenarnya brand Sebamed mau aku bahas di postingan tersendiri mengenai kehalalannya. Tapi aku jelaskan singkat saja, bahwa hampir seluruh produk Sebamed (termasuk Clear Face Anti Pimple Gel) bebas bahan-bahan hewani. Memang ada beberapa produk sebamed yang mengandung konstituen hewan, yaitu keratin dari bulu domba (wool sheep) dan beeswax (keduanya pun tidak najis alias boleh dipake. Sumber)

Lho, kok jagoannya dikit amat? Facial wash, toner, dll kemana?

Sebenarnya, kalau lagi jerawat gini skincare yang aku pake emang rada beda sih dengan yang ku pakai saat tidak sedang berjerawat. Tapi, emang cuma 3 skincare tadi yang betul-betul berperan dalam memerangi si jerawat bandel. Yang lain kita anggap figuran aja deh, hehe. Yah, lain kali akan aku share secara lengkap skincareku saat wajah berjerawat dari A-Z. Insya Allah. ^^


Sekian curhatanku kali ini, panjang ya? Lain kali aku kepengen posting tentang jerawat (Acne vulgaris) pokoknya semua tentang jerawat sampai cara-cara ngobatinnya! Mudah-mudahan ada mood buat nulis tentang itu. *janjimanis

Dan sharing berikutnya akan ku ulas tentang bagaimana caraku menghilangkan noda jerawat, mudah-mudahan bisa aku dokumentasikan juga gambar-gambarnya kayak gini, hahaha. Iya, sekarang tinggal ngilangin item-itemnya nih, Ya Allah mudah-mudahan bisa balik kayak semula. Tapi kayaknya postingan tentang noda jerawat bakalan rada lama publishnya, soalnya cara mudarinnya juga lama (kan mau tampilin foto before-afternya gitu, hehe) --> tipe blogger banyak umbar janji postingan haha.. >o<

Nah, siapa yang senasib sepenanggungan denganku? Ayo sharing aja, mau parah, mau ringan aku pernah ngalamin soalnya hehe. Oiya pesenku satu, jangan pernah menyerah perjuangan menghilangkan jerawat. Sometimes jerawat itu gampang banget dibasmi, tapi kadang teramat sangat susah sampai bikin frustrasi. Karena jerawat itu emang unik, masing-masing kulit punya ceritanya sendiri. Wa Allahu Alam.

Love, Momzhak

Skin Care | Gyaa, Jerawat! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sa

0 komentar:

Posting Komentar