Minggu, 07 Juli 2013

Make Up | Animal Free Liptint (The Body Shop Lip and Cheek Stain Review)



Assalamualaikum, Qonitas!! ^^

Udah lama juga yah aku gak review lip product? Soalnya, akhir-akhir ini emang rada males bikin swatch di bibir, berhubung area daguku masih penuh sama totol-totol bekas jerawat (dan jerawatnya juga, haha) T__T. Sekarang alhamdulillah udah mendingan, jerawat di dagu udah pada kering dan tutul-tutulnya udah berangsur pudar, jadi aku udah mulai mood lagi buat bikin review ^^. Nah, review kali ini mengulas liptint yang sedang aku pakai baru-baru ini, lho...:D

Btw, siapa yang lebih suka pake liptint daripada lipstick?? Kalau aku sih demen sama dua-duanya, hehe. Liptint hayo, lipstick hayo aja. Tapi biasanya liptint aku pakai di rumah, buat suasana santai aja. Tapi, emang ada beberapa alasan kenapa ada orang yang lebih syuka sama liptint, misalnya:
  • Sifat warnanya yg menyerap ke kulit bibir (stained)
  • Warnanya sheer (tinted), sehingga gak menutupi tekstur kulit bibir seperti lipstick, jadi kesannya warna asli bibir kita merah natural..
  • Lebih nyaman digunakan, gak berasa tebal di bibir
  • Biasanya gak meninggalkan jejak saat kita minum di gelas :P 

Nah, liptint yang akan ku review kali ini adalah The Body Shop Lip & Cheek Stain. Kenapa aku pilih brand The Body Shop? Karena semua produk TBS bebas unsur hewani, jadi bisa menjadi alternatif kosmetik yang sudah bersertifikat halal. Mengingat, merek-merek yg sudah berlabel halal belum ada yg mengeluarkan lip tint/stain.

Intermezzo!! Ada kejadian lucu waktu aku pake liptint ini. Ceritanya, ada ibu-ibu tetangga datang ke rumah ku, mau ngasih undangan khitan anak bungsu-nya. Usianya udah lumayan tua, tapi masalah makeup nomer satu dah, hehe. Nah, pas ketemu aku di rumah, kebetulan emang aku lagi pake liptint. Pas desye udah mau pulang, langsung deh dia bilang gini,"Eh, dek... mau tanya, kamu SULAM BIBIR dimana?" Hahahaha.... langsung deh bengong aku, dan malah nanya balik,"Apaan tuh sulam bibir? Bibirnya dijait bu?" Ngakak berdua.

Habis itu langsung googling, apaan sih sulam bibir? Oh, jadi sejenis tato bibir gitu, biar merah permanen/semi permanen. Emang sih, penampakannya jadi merah alami meski tanpa lipstick. Hadeh, ada-ada aja, ya teknologi kecantikan sekarang... =_=

Oke, langsung ke reviewnya aja, ya.

THE BODY SHOP LIP AND CHEEK STAIN REVIEW

KEMASAN

Aplikator
Gak ada yang istimewa ya dari bentuk kemasannya, penampakannya seperti kemasan liquid lip product lainnya. Aplikatornya pun tak ada yg istmewa.
ada sejenis rubber berwarna putih, agar lebih tertutup rapat
Yang jadi nilai plus, botol ini disertai sejenis karet/rubber pada bibir botolnya, jadi saat ditutup, akan menjadi kedap udara dan tidak mudah tumpah.  
WARNA DAN PIGMENTASI

Shade ROSE PINK
Sepertinya hanya ada satu shade yang dijual di konter TBS Indonesia, yaitu ROSE PINK (01) Padahal, di luar indo ada shade yg cakeppppp banget, yaitu BRONZE GLIMMER (02).
Pigmentasinya bagus, sampai pas make ini disangka sulam bibir, hihi. Untuk pemakaian bisa disesuaikan, dari natural-look sampai kayak jontor dan tergampar-gempor juga bisa ><
SWATCH
1. Teksturnya cair (watery); 2. Setelah dibaurkan

TEKSTUR
Teksurnya watery. Mirip dengan Tony Moly Lip Tint, liptint pertamaku (shade Pink Cherry). Bagusnya. lipstain TBS ini lebih buildable, meski buat yang gak biasa pake liptint yg watery gini, makenya rada-rada messy pada awalnya.
STAYING POWER
Biasa saja. Setelah makan besar, liptint ini luntur bubar jalan grak dengan sendirinya. Tapi, kalau cuma minum-minum, makan-makan ringan tetep stay good lah. Bagusnya, liptint ini gak transferable ke gelas yg kita minum (Mungkin semua liptitnt gitu deh...^^)
HOW TO USE
Liptint ini bisa dipake buat cheek stain juga, buat efek blushing di pipi. Ya, sesuai dengan namanya, Lip & Cheek stain :D
1. Apply on lips (btw, di dagu bawahku sebenarnya ada jerawat :P)
2. On my cheek
(Semuanya foto outdoor, kalau indoor kamera hp ku kurang nangkep warnanya)
Sebenarnya, kalau buat pipi emang gak pernah kupake selain untuk review ini aja, jadi kurang bisa menjelaskan gimana ketahanan dan blabla lainnya. Untuk aplikasi di pipi bisa dipakai setelah compelxion makeup kita selesai tanpa merusak make-upnya, lho. Kalau dipakai sebelum finishing dengan face powder bisa-bisa aja, tapi kurang kelihatan warananya. Dan warnanya bakalan ngejreng banget kalau apply langsung pada bare face kita, karena langsung menyerap ke kulit. Jadi hati-hati, bisa mirip orang yang habis ketampar hehe.
Yang jelas, sebelum pakai pewarna bibir jenis apapun, agar hasilnya bagus dan halus pastikan bibir kalian sehat (tipsnya di sini ^^). Untuk cara pakai, aku pakai cara yg ada di video ini:

INGREDIENTS
Aqua, Glycerin, Phenoxyethanol, Panthenol, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Methylparaben, Aminomethyl Propanol, CI 17200. 
Mengandung Glycerin untuk melembabkan bibir dan Panthenol untuk efek soothing & coolingnya. Memang, liptint ini tidak membuat bibirku kering dan ada terasa 'dingin' saat dioles.
APAKAH PRODUK INI HALAL?
Setiap review produk, aku akan membahas tentang kehalalan produk yang kupakai. Ini penting (seenggaknya buat blog ini, hehe), terutama buat mereka yang perhatian dengan kosmetik halal.
Untuk kehalalan produk The Body Shop, tentunya mereka tidak memiliki sertifikasi halal dari lembaga manapun. Tapi, produk ini bisa menjadi alternatif kosmetik yang sudah ber-SH, karena klaim TBS, semua produknya bebas unsur hewani dan cocok untuk vegetarian bahkan Vegan sekalipun. 
Untuk memastikannya, silahkan klik LINK INI. Di sana tertulis: Every one of our products is animal cruelty free and vegetarian.
KESIMPULAN
Produk ini cukup bagus, kualitasnya mirip-mirip dengan Tony Moly Cherry Pink yg pernah ku pakai dulu (tapi lebih unggul TBS, imo). Untuk pigmentasi, Tony Moly lebih pigmented tapi TBS lebih buildable ketimbang Tony Moly yang cepet nyerep kalau gak buru-buru diblend. Ada efek 'dingin' waktu dipolas ke bibir. Dan SAMA SEKALI GAK BIKIN KERING di bibirku (gak kayak Tony Moly).  Aku biasanya pake ini hanya untuk di rumah aja, atau lagi males pake lipstik. Tapi tetep lah, kalau untuk daily aku lebih milih lipstik ketimbang liptint (meski aku suka keduanya, hehe). Kekurangannya, menurutku ini overprice dengan kualitas yang sedang saja dan ada sedikit rasa pahit.  
Score:
Love, Momzhak

Make Up | Animal Free Liptint (The Body Shop Lip and Cheek Stain Review) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sa

1 komentar:

  1. Mba tdinya sy jg pake body shop tp stelah baca klo kesini kesini body shop makin nggk trustworthy sy lgsung gk pke lg
    Apalagi pas baca di Mcg mba, http://www.muslimconsumergroup.com/cosmetic.html
    Klo body shop nggak recommended buat muslim...

    Btw sy mampir kesini krn cari PAC halal apa nggak...syukurlah klo udh disertifikat

    Thanks for sharing mba :)

    Salam,
    Riri

    BalasHapus