Jumat, 26 Juli 2013

Skin Care | Kesan Pertama Wardah White Secret

Assalamuaalaikum, Qonitas! ^^

Ada yang pernah baca postinganku mengenai IIFF? Di situ aku pamer beberapa haul hasil buruan diskon di IIFF, salah satunya adalalah beberapa produk dari line terbaru dari Wardah, yaitu Wardah White Secret.

Nah, sekarang aku mau bercerita mengenai kesan pertamaku menggunakan Wardah White Secret. Tapi sebelumnya aku mau kasih sedikit selingan dan perkenalan singkat terhadap produk Wardah White Secret ini.

************
White Secretnya Wardah ini emang masih sedikit yang pakai, secara emang produk terbaru. Dan blogger yang review pun masih terbilang sedikit. Pas awal beli,  aku pun coba cari informasi dari official web-nya Wardah maupun di beberapa toko online, tapi belum nongol sedikitpun juga. Maka dari itu, sejak aku pamer haul Wardah White Secret, ada banyak email yang masuk untuk memintaku segera mereviewnya. Ditambah, kalau mantengin traffic sources blogku, entry search keyword-nya banyak banget yang nyari review Wardah WS.

Masalahnya, saat itu aku belum sempat pakai Wardah White Secret yg sudah kubeli, karena jerawat di area langgananku (dagu) mulai membandel lagi. Sembuh satu, nongol yang baru. Belum lagi ada dua-tiga jerawat yang berhasil mencetak spot di pipi kanan. Intinya, kulit emang belum dianggap siap buat dicoba skincare baru, fokus dulu untuk menyembuhkan jerawat.

Tapi alhamdulillah, bulan puasa itu emang bawa berkah, salah satunya buat jerawat, haha. Semenjak Ramadhan, siklus tidurku dipaksa teratur, karena jam 3 pagi harus sudah bangun, mau gak mau jam 9-10 malam harus tidur. Nah, dari tidur yang teratur itulah, jerawat mulai terkontrol. Gugur satu, dan disusul dengan wafatnya jerawat-jerawat yang lain, lol. Ternyata emang bener, jerawatku bandel karena kebiasaan begadangku yang kronis!! Buktinya, setelah punya jadwal tidur yang bagus, jerawat terkontrol banget!! Thank God, Thank Ramadan! Sekarang tinggal beresin sedikit demi sedikit totol-totol hiperpigmentasi post inflamasi jerawat gua yg bisa belasan kalo diitung *nangis.

Kenapa harus nunggu jerawat sembuh dulu? Emang gak bisa sekaligus sembuhin jerawatnyaa plus flek-fleknya juga?

Sebenarnya gak ada salahnya begitu. Basmi jrewi sekaligus pudarkan nodanya. Yah, sekali tepok dua nyamuk deh. Tapi kalau menurutku, lebih baik satu per satu. Basmi jerawatnya dulu, kemudian kalau dirasa udah terkontrol, baru pudarkan nodanya. Kalau menurut pengalamanku, sebenarnya dengan merawat jerawat sampai tuntas, wajah yg bersih dan cerah akan ikut dengan sendirinya. Jadi, membereskan sisa-sisa nodanya akan terasa lebih mudah.

Kesimpulannya, karena jerawat sudah sangat terkontrol, akhirnya aku mulai mencoba produk Wardah WS yang sudah aku beli beberapa waktu lalu.

BERKENALAN DENGAN WARDAH WHITE SECRET (WS)
FYI, aku tidak disponsori lho untuk menjelaskan ini secara singkat, lol! Ini hanya bentuk kecintaanku terhadap produk yang bersertifikasi halal. Anggaplah, tulisanku ini apresiasi terhadap mereka.

Apa itu Wardah White Secret?
Ini merupakan seri terbaru dari line skincare Wardah. Berbeda dengan Wardah Lightening Series, yang sudah muncul jauh sebelum ini. Wardah WS menawarkan komposisi zat aktif yang lebih kompleks, seperti AHA, Licorice, Arbutin, glutathione, Vit. B3, Vit. B5 dan hyaluronic acid. Maka dari itu, gak heran, kalau Wardah WS lebih mahal harganya dibandingkan Wardah Lightening Series. Bisa dibilang, Wardah WS sebagai exclusive skincare product mereka.

Fitur apa yang ditawarkan dalam rangkaian perawatan Wardah WS?
Produk ini diformulasikan untuk mencerahkan sekaligus melembabkan. Ada 6 manfaat yg akan didapatkan:
  1. UV Protection dan antioksidan melindungi wajah dari pengaruh buruk sinar matahari
  2. Menghambat pembentukan dan transfer melanin sehingga membuat wajah tampak lebih cerah
  3. Membantu memperbaiki DNA yang rusak karena radiasi sinar UV
  4. Merawat kulit dari proses autooksidasi 
  5. Membantu mengangkat sel kulit mati dan regenerasi sel.
  6. Menjaga kelembaban

Apa saja rangkaian produknya?
Ada sembilan rangkaian produk. Emang lumayan banyak. Untuk range harganya aku lupa. Tapi rata-rata hargnya sekitar 70 ribuan. Mari kita tengok sekilas kesembilan produknya:
  1. EXFOLIATING SCRUB (ES)
  2. PURE BRIGHTENING CLEANSER (PBC)
  3. EXFOLIATING LOTION (EL)
  4. FACIAL WASH WITH AHA (FW)
  5. SOOTHING LOTION (SL)
  6. DAY CREAM (DC)
  7. TINTED DAY CREAM (TDC)
  8. INTENSE BRIGHTENING ESSENCE (IBE/Serum)

Sebenarnya, kalau mau pakai satu set lengkap, gak harus kesembilannya dipakai, meskipun terserah juga kalau mau punya semua. Misal gini, kalau pagi udah pakai Tinted Day Cream (TDC), berarti gak usah pakai Day Cream (DC) nya lagi. Karena TDC pun sebenarnya memang sudah merupakan DC, tetapi ada warnanya seperti foundation. See?

Kalau sudah punya rangkaian lengkap Wardah WS, seperti apa urutan pakainya?
Iya, saking banyaknya, memang harus ada guidance untuk cara pakai meliputi urutan pemakaiannya. Untunglah Wardah berbaik hati, karena di beberapa produknya, disertakan leaflet yg cukup informatif. Kenapa aku sebut beberapa saja? Karena, dari semua produk Wardah WS yg aku pakai, hanya di dalam dus Intense Brigtening Essence saja yang terdapat leaflet nya.

Inilah urutan pemakaian produk yang bersumber pada leafletnya:

Daily Treatment:
Day: PBC - FW - DC
Night: PBC - FW - EL - SL -IBE - NC

Weekly Treatment
Day: PBC - FW - DC
Night: PBC - FW - EL - ES - SL - IBE - NC

*Untuk keterangan abreviasinya, silahkan scroll sedikit lagi keatas :)

PRODUK YANG AKAN DIULAS
Dari seluruh produk rangkaian Wardah White Secret, yang kubeli cuma 3 jenis aja, yaitu:


  1. Wardah WS Tinted Day Cream
  2. Wardah WS Night Cream
  3. Wardah WS Intense Brigtening Essence

Kok gak pake satu set?

Aku bukan tipikal orang yg mudah tergiur dengan produk kecantikan yg baru, apalagi sampai napsu untuk beli satu set. Gak, aku beli yang dirasa perlu aja. Misalnya, ada facial wash dari Wardah WS, aku gak butuh karena udah punya facial wash yg cocok sehidup semati. *lebay. Tapi, aku cukup tertarik untuk mencoba Exfoliting Scrub dan Soothing Lotionnya.

Sekarang, tiba saatnya kita masuk ke segmen ulasan produk. Tapi saat ini, aku belum bisa kasih review sampai hasil akhirnya. Secara emang baru dua minggu kupakai. Aku cuma mengulas sekilas saja ditambah kesan pertama menggukan Wardah WS. Tapi, nanti  aku akan buat postingan lagi mengenai hasil akhirnya setelah beberapa minggu pemakaian bila aku terbukti cocok/tidak break-out sampai  produk ini habis.

WARDAH WHITE SECRET (MY FIRST IMPRESSION)

 WARDAH WHITE SECRET TINTED DAY CREAM 


Awalnya aku memilih Wardah White Secret Day Cream, tapi setelah tahu kalau Wardah WS mengeluarkan Tinted Day Cream, akhirnya aku pilih yg tinted aja, penasaran. Sesuai namanya, produk ini merupakan day cream namun memiliki warna yg sheer (tinted). Jadi, untuk daya tutupnya, tidak bisa disamakan dengan foundation pada umumnya.

Fungsinya yg lain adalah mencerahkan kulit secara instan. Awalnya, aku takut kalau TDC ini bakal keputihan di skintone-ku, tapi ternyata enggak.  Tapi memang membuat kulitku lebih cerah satu tingkat secara instan. Kalau kamu ada yg pernah coba Za Instan Brightener, kesan cerahnya TDC ini terhadap kulit ya seperti Za Instan Brightener itu. Langsung putih seketika tanpa kelihatan pektay, terutama untuk mereka yg skintone-nya fair-medium. Satu lagi yg kusuka, krim ini menyamarkan red-spot bekas jerawat. Tapi untuk dark-spot rasanya tidak terlalu berpengaruh.


Untuk teksturnya sangat lembut dan ringan. Saking lembutnya, sampai susah di-blend T_T. Jadi, saat mengoleskan TDC ini, teksturnya tidak mudah merata di kulit, istilahnya runny. Tipsnya, harus diblend, blend, blend, bleeeeend.... sampai rata dengan warna kulitmu. Cape dikit. Dan emang rada desperate juga ngeblend TDC indang, ujung-ujungnya paling manteb cuma pakai spon. Yep, kalau mau rata banget, coba deh spons foundation.

Dan oil contronya biasa saja. Tidak mampu menahan minyak lebih lama tapi tidak membuat wajahku menjadi kilang minyak juga.

TDC ini memang mengandung UV filter, tapi secara kuantitatif tidak disebutkan berapa. Kalau gak yakin dengan kekuatan proteksinya, mungkin bisa pakai sunblock yang udah ketahuan berapa SPF atau PA nya. 

Menurut pengalaman aku, TDC ini gak bisa dipakai saat kulit kering mengelupas, karena akan memperjelas flakies-nya. Bakalan jelek banget deh. Tapi, kalau kulit lagi bagus (gak mengelupas maksudnya), TDC ini bisa mengcover kulit dengan halus.

Terus, pori2 kulit wajahku ini emang rada lebar, khas si kulit berminyak. Nah, TDC ini gak terlalu bisa mengcover pori-pori yang lebar tadi.

Sepertinya, TDC ini lebih direkomendasikan untuk mereka yg berkulit normal. Kalau yg kulitnya normal, ini lumayan bagus coveragenya, cuma rada pe-er juga nge-blend nya T_T

EFEK: Mencerahkan satu tingkat lebih terang secara instan, meratakan warna kulit, menyamarkan red-spot dan kulit yg kemerahan.
MINUS: kurang menyamarkan dark-spot dan pori-pori yg lebar

Kalau dari kandungannya, sangat menjanjikan banget deh untuk selapis kulit putih yg sehat, silahkan tengok:

INGREDIENTS:
Ada etilheksilmetoksinamat di urutan ke2 sebagai chemical sunscreen, tapi kekuatan proteksi secara kuantitatif tidak diketahui.. Zat aktif lain untuk pencerah ada: Niacinamide (vit B3), berbagai kandungan AHA dan  Licorice. Untuk melembabkan kulit ada aloe vera dan sodium hyaluronate (Hyaluronic Acid dalam bentuk garam). Untuk antioksidannya, ada tokoferil asetat (vit. E).
Yang disayangkan produk ini mengandung ethanol, yang bisa menyebabkan iritasi pada sebagian orang (termasuk aku T_T) Tapi sepertinya ethanol pada produk ini berkadar rendah, buktinya tidak membuat kulitku perih dan iritasi. Zat additif lain seperti Propylene Glycol dan Paraben(s)? Gak masalah buatku. Tapi untuk yg phobia dengan kandungan tersebut, lebih baik menjauh, hehe.
Kesimpulan
PLUS:
Mencerahkan satu tingkat secaran instan, menyamarkan redness dan redspot, meratakan warna kulit, teksturnya ringan, kandungan zat aktif yg menjanjikan dan tidak menyumbat pori-poriku. Oiya, aromanya enak.
MINUS: *Tidak terlalu bisa menyamarkan dark-spot dan pori-pori lebar, teksturnya sulit diratakan, memperjelas kulit yg kering-mengelupas, mengandung ethanol.

 Score: Aku kasih 2.5/5.0

*Sebenarnya untuk daya tutupnya gak bisa disalahkan juga kalau sheer, secara dia cuma tinted day-cream, harusnya gak usah dipermasalahkan lagi mengenai coveragenya. Untuk sekelas tinted moisturizer, coveragenya udah lumayan bagus menurutku.


 WARDAH WAHITE SECRET NIGHT CREAM 


Dari ketiga produk yg kupakai, ini yang paling aku suka! ^^
Tekstur krim malam ini lembut, enak banget pas dioles, dan tidak lengket. Mungkin ini lebih cocok disebut 'lotion' daripada 'cream'.  Tadinya, sempat underestimate juga sih dengan krim malam Wardah WS ini, mengingat krim-krim Wardah yang lain itu terkenal rich banget dan kurang enak dipakai (menurutku). Aku kalau udah megang krim wajah yg thick sedikit aja, pasti langsung was-was bakalan nyumbat pori-pori dan akhirnya breakout. Tapi krim Wardah White Secret yg ini pengecualian, 2 minggu dipakai masih baik-baik saja.

Soft and light texture.
Btw, untuk sebagian orang, bentuk jar begini kelihatannya kurang higienis. Tapi gak masalah buatku, toh ini kosmetik berpengawet dan digunakan saat tangan dalam keadaan bersih. Dan, yang namanya skincare bentuk krim seperti ini memang harus habis dalam kurun waktu 6 bulan setelah dibuka.
Saat bangun tidur, kulit terlihat lebih cerah dan dewy, gak ada minyak yg berlebih. Dan, penggunaan selama dua minggu ini sedikit banyak memang membuahkan hasil, wajah lebih cerah dan flek-flek mulai berpudaran (terutama flek-flek bekas jerawat yg kecil2). Dan tidak ada tanda-tanda clogged pore.

Hampir bisa dipastikan krim ini cocok untukku. Feeling aku sih, ini gak bakalan jadi break-out. Biasanya, kalau aku gak cocok dengan suatu skincare, belum satu minggu dipakai, komedo-komedo baru sudah marak di atas kulitku.

Untuk kandungannya, masih menjagokan AHA, Vitamin B3 dan licorice sebagai agen pencerah. Pada krim malam ini, ditambahkan ARBUTIN dan Gluthatione sebagai agen pencerah lain. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat list kandungan Wardah WS Night Cream di bawah ini:

INGREDIENTS
Water Based. Zat aktif pencerah didominasi oleh Vit. B3 (niacinamide) di susul oleh aneka AHA(s), licorice, ditambah alpha arbutin dan glutathione.
Sayangnya, lagi2 mengandung Ethanol. Untunglah tidak membuat kulitku iritasi.

Kesimpulannya
PLUS: Teksturnya ringan dan lembut, dalam 2 minggu tone kulitku menjadi lebih cerah, noda-noda hitam mulai berpudaran, kulit menjadi lebih halus, saat bangun tidur terasa adanya improvisasi tekstur kulitku, aromanya enak, cocok (gak break-out/iritasi) dan mengandungzat aktif yang menjanjikan
MINUS: Mengandung ethanol.

Score: 4.5/5.0 Kalau gak mengandung ethanol mungkin akan ku kasih 5 ;P

 WARDAH WHITE SECRET INTENSE BRIGHTENING ESSENCE 

IBE ini merupakan sejenis serum dari seluruh rangkaian Wardah White Secret. Cara pakai menurut petunjuk adalah digunakan sebelum Night Cream. Tapi, aku sengaja membalik cara pakainya.

Kalau caraku, pertama pakai Night Creamnya dulu ke seluruh wajah, setelah meresap baru ku oleskan IBE ini hanya pada dark spotnya saja. Soalnya, aku gak biasa pakai krim malam berlayer-layer, berlapis-lapis, duh pengap... Ujung-ujungnya malah tidur jadi gak enak. Jadi kusiasati dengan cara seperti itu.

Sebenarnya aku bisa saja pakai ini sesuai petunjuk, oles IBE dulu di area darkspot-nya baru setelah meresap disusul oleh Night Creamnya. Cuma kebayang dong, yg dioles per-spot itu bakalah 'kegeser2' sama krim malam yg dioles seluruh wajah? LOL. Makanya, aku pilih NC nya dulu baru IBE-nya.

Kecuali kalau diantara kamu pakai IBE nya keseluruh wajah, ya gak masalah ini kalau mau dipakai sebelum Night Cream/sesuai petunjuknya. OK.

Teksturnya, lebih padat dan kental dibandingkan dengan Night Creamnya. Hal ini yg membuatku malas mengoleskan ke seluruh wajah. Namun, diklaim, IBE ini sebagai 'deep brightening' dan 'extra-moisturizing'. Secara tidak langsung dikatakan, bahwa IBE ini memiliki kemampuan lebih tinggi dalam mencerahkan dan melembabkan dibandingkan dengan Wardah WS Night Creamnya.

Aku gak terlalu memperhatikan, siapa yg lebih berkontribusi terhadap pudarnya noda2 di wajah. Kalau cerahnya kulit secara keseluruhan pasti Night Cream-nya, karena aku oles seluruh wajah. Kalau untuk noda, mungkin sinergi antara keduanya :)

Kesimpulan
PLUS: Memudarkan noda-noda hitam, bahkan noda hitam yg kecil-kecil sudah berangsung 'hilang', aromanya aku suka.
MINUS: Mengandung ethanol, teksturnya kental.

Score: 4/5

APAKAH KETIGA PRODUK TERSEBUT HALAL?

Alhamdulillah sudah halal dan sudah tercantum label halal MUI di setiap kemasannya. 

Tapi kok mengandung ethanol?

Menurut fatwa MUI, alkohol boleh digunakan dalam kosmetik selama:
  1. Alkohol tersebut tidak berasal dari industri khamar
  2. Tidak merugikan penggunanya

Kalau berasal dari khamar (alkohol yg diminum dan sifatnya memabukkan, misal: wine), maka statusnya adalah haram. Dan alkohol dalam kosmetik tidak boleh memberi madharat bagi penggunanya, sehingga ethanol yg diperbolehkan memang hanya dalam kadar rendah.

Sebenanrnya, pembahasan alkohol (ethanol/ethyl alcohol) dalam kosmetik ini lumayan panjang. Rencananya, mau ku jelaskan di postingan tersendiri, supaya gak berulang-ulang kali dijelaskan lagi saat mengulas produk berlabel halal dengan kandungan alkohol di dalamnya.

Kalau aku sendiri memang kurang suka kalau kosmetik mengandung alcohol. Meskipun kadarnya rendah, kalau kulitku dalam kondisi yg sensitif, bisa saja menimbulkan iritasi. Tapi, kalau kulitku dalam kondisi sehat wal afitat, biasanya gak apa-apa.

************

Nah sekian dulu, ya. Untuk hasil finalnya mungkin baru akan terasa sampai kira-kira satu-dua bulanan atau kira-kira kalau produk yang kupakai ini habis. Setelah itu baru akan ku update lagi pemakaian Wardah White Secretnya (hasil akhir, before-after, kecocokan, blablabla). Soalnya, memudarkan noda hitam itu emang susah-susah-gampang dan enggak sebentar. Mudah-mudahan selepas puasa nanti jam tidurku gak acak-acakan lagi, biar jerawat-jerawat bandel gak balik-balik lagi... Amiin...Amiin...  ><

Wassalam
Love, Momzhak

Skin Care | Kesan Pertama Wardah White Secret Rating: 4.5 Diposkan Oleh: P Plane

0 komentar:

Posting Komentar