Rabu, 16 Oktober 2013

Blogging | Diplagiat!! (Menghadapi Plagiarisme Dunia Blogging)

sumber gambar


Assalamualaikum, lovely Qonitas!

Gimana kabar hari ini? Mudah-mudahan baik, ya. Kalau aku sendiri, lagi badmood gara-gara ada pencomot blog, ditambah lagi sindrom mau dapet alias PMS, makin mendung menggelegar deh. 

Sekarang aku mau ngomongin sedikit sekalian curhat banyak tentang masalah plagiarisme yang ada di dunia Blog. Yang mana kita tahu, yang namanya tulisan di dunia maya gak ada yang 100% bisa aman dari pembajakan. Sebagus apapun proteksinya, ada saja celah untuk memplagiat, apalagi kalau keahlian si plagiator udah di tingkat peretas/hacker, bisa sekalian bobol akun milik kita, tuh.

 

sumber gambar

DICOMOT
Niatan ku menulis tentang plagiat, berawal dari salah satu readers, yang dengan sangat perhatiannnya pada dirikuwh dan blogkuwh *muahmuah, mengirimkan email berisi alamat blog yang terindikasi kuat pencontek blog ini. Setelah ku buka link yang dimaksud, yampun postinganku yang dia kopi banyak amat! Betul-betul kurang kerjaan, deh. Dan yang dikopi gak cuma tulisanku aja kayaknya, ada banyak tulisan lain yang (mungkin saja) hasil copy-paste juga.

alamatnya bisa dilihat di kolom URL screenshot di atas. Males deh mau nulis alamatnya, ntar ketauan kalau lagi diomongin rame-rame. hehe.

Yang punya blog kosmetik-freaks, si mbak-mbak ini. Tapi aku gak yakin juga, kalau akun ini bukan fiktif. Siapa tahu fotonya juga hasil. comotan. Bisa jadi.

Tadinya mau langsung aku labrak (baca: nanya bae-bae tapi pake jutek) lewat komen blognya. Emosi udah mau di ubun-ubun, ditambah nahan-nahan pegelnya kram perut PMS dari kemaren, mana mens belom dateng juga. Kan tambah menggila? Argh.

Akhirnya, tarik-buang nafas, stay cool dan coba mikir yang enak-enak. Terus, cari cara pelampiasan yang lebih anggun dan smart daripada marah-marah. Ntar cakepnya ilang deh gara-gara ngamuk*uhuy

Setelah tenang *ngopidulu, baru deh aku tengok lagi blog tersebut.

Langkah pertama yang ku lakukan adalah, melaporkan blog itu sebagai spam. Kalau kalian sempet ke sana, boleh juga laporin sebagai spam. Caranya, masuk ke situs 'kosmetik-freaks' tadi dan coba lihat pojok kiri atas, di sebelah kanan kolom 'search' ada option 'more' kemudian click 'report abuse' > click ;spam, phising, malware' > click 'submit'.

Langkah kedua, memberi pelaporan rinci blog yang melakukan plagiarisme kepada Google. Untuk cara-cara yang kupakai, kalian bisa lihat di sini [click]. Bermanfaat sekali! Dengan cara ini, kita bisa melaporkan apa saja link yang diduga kuat mencomot hasil karya kita tanpa izin. Dan sebagai bukti, kita harus menyertakan pula link orisinil yang kita punya.

Setelah step-stepnya kulalui, Google mengirimkan email follow up, trus aku tinggal ongkang-ongkang kaki sambil berdoa mudah-mudahan itu blog bisa dikasih peringatan dan hidayah dari Tuhan Semesta Alam. Kalau masih berulah, ya aku laporin tanpa henti. 

Trus, kalau blog itu melaporkan balik blog kita bagaimana?

Tenang aja, Google gak bodoh kok. Google punya semua database kapan peluncuran semua postingan, jadi gak bisa dibohongin dan ketahuan mana yang autentik dan mana yang cuma ngopi doang.

Terakhir, sebenarnya ada cara agar kita tahu siapa sih dia sebenarnya. Atau kalau kita sering kedapetan komen anonymous yang jengkelin dan email-email yang mengganggu, tinggal lacak aja IP address nya. Kemudian, bisa dicocokan dengan database IP address yang kita punya, misalnya IP address teman-teman  yang bisa diketahui dari blog, email atau socmed mereka. Tapi, kalau ini ada deh caranya, aku juga minta bantuan teman, fufufufu... :)

CARA MEMBERI PROTEKSI PADA BLOG KITA
Sebenarnya, gak masalah kalau tulisanku ada yang kopi, terus dishare di blog pribadi siapapun, asalkan dengan syarat: MENCANTUMKAN SUMBER atau memberikan tautan balik ke blog ini. Beres. Kalau enggak memberi link balik, ya itu namanya plagiat. 

Kadang aku bingung, si pencomot itu maunya apa ya kopas tulisan kita tanpa ba-bi-bu Yang ada dipikiranku biasanya:
  1. Mereka emang gak tahu. Nah kalau ini sih dimaklumi. Mereka biasanya tidak tahu kalau di dunia maya ada aturan mengenai hak cipta juga. Kalau emang karena gak tahu, kasihan juga ya, udah dilaporin sebagai spam. Tapi, gak apa-apa deh, biar belajar.
  2. Gak punya kerjaan/orang iseng. Oh, ini sih kasihan amat.
  3. Mau meraup keuntungan sendiri. Mau mendapatkan pageviews tinggi dengan cara instan. Biasanya untuk kepentingan komersil. Banyak nih motif yang begini.
Anyway, aku pernah pakai beberapa cara agar blogku tidak dikopi sama orang-orang tidak bertanggungjawab. Walaupun tidak bisa memberi proteksi 100%, tapi lumayan lah, misalnya:

1. ANTI KLIK KANAN
Ah ini sih gak terlalu berguna buatku. Hanya seakan-akan blog kita jadi anti klik kanan. Padahal, kalau di klik kanan 2-3 kali lagi, blog yang menggunakan metode proteksi ini, bisa diklik juga pada akhirnya. Tinggal kasih tanda ✓ (centang) aja pada box dengan kalimat 'prevent this page from creating additional dialouge'. Setelah dicentang, bisa deh diklik kanan. Setelah itu, bisa dikopas juga deh. Rada-rada gak guna.

sumber gambar

Jadi, buat blogger yang masih pakai cara kuno ini, lebih baik tinggalkan saja, OK. Kecuali kalau ingin menakut-nakuti orang yang cepet putus asa. Lho kok? Iya, kalau orang yang gampang putus asa, setelah lihat box berisi peringatan dilarang klik kanan, dia akan berhenti klik kanan saat itu juga, karena mengira tak akan pernah bisa diklik kanan lagi, haha. Padahal sih, kalau di klik berapa kali lagi, bisa tuh klik kanan. Hihi. 

Tapi, kalau tetep mau cara seperti di atas, bisa kunjungi link di bawah ini:

2. ANTI BLOCK/COPAS
Mirip-mirip sama yang di atas tapi  ini lebih ampuh. Jadi, tulisan kita betul-betul gak bisa dikopi kanan dan di block. Tapi, ada juga sih yang jenisnya masih bisa Ctrl-A Ctrl-C juga (jadi meski gak bisa di block, tapi tetep bisa 'select all' kemudian copy). Tapi ada juga yang gak bisa Ctrl-C sama sekali, pokoknya betul-betul terproteksi, ini yang bagus. Nah, kita tinggal googling saja di situs yang menampilkan tips-tips anti block. Ada banyak versi html script yang tersedia, tinggal pilih mana yang sreg buat kita. Untuk mempermudah, aku kasih beberapa  link yang bermafaat untuk option ini:


Buat yang belum biasa main-main di html, hati-hati pakai cara ini, soalnya kalau ada yang salah dikit aja, bisa mempengaruhi tampilan blog kita secara keseluruhan. Pokoknya, baca baik-baik aja cara penggunaannya. Atau kalau masih ragu, coba dulu aja pake script anti klik kanan, itu lebih gampang dan aman karena nambahin kode html-nya dari gadget blog kita.
Ini bukan alat agar blog kita gak bisa dijiplak dsb. Melainkan untuk melihat dan memonitor apakah ada situs yang kontennya mirip/sama dengan blog kita. Kalau mau lebih puas, bisa bayar yang Premium, soalnya kalau yang gratisan percuma aja deh, gak terlalu bagus kerjanya. Tapi lumayan sih, bannernya itu bisa nambah-nambah 'perabot' layout blog kita :P

4. Berdoa
Yah, hanya doa jalan terakhirku. Kalau segala daya dan upaya sudah dicoba. Hehe. Apalagi, sekarang blog ini memang tanpa proteksi. Tapi, kayaknya 'anti-block' nya harus aku aktifkan lagi.

Oke, segitu aja dulu. Semoga bermanfaat, ya! ^^ Pokoknya, bloggers, selalu waspada ya dengan orang yang suka mencomot tulisan kita tanpa izin atau tautan balik, soalnya gimana pun juga yang dirugikan pasti kita, kan?

Wa Allahu Alam.
love~



<a href="https://https://plus.google.com/111740079109420028773?rel=author">Momzhak</a>

Blogging | Diplagiat!! (Menghadapi Plagiarisme Dunia Blogging) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: P Plane

0 komentar:

Posting Komentar