Sabtu, 25 Januari 2014

Blogging | Keteledoran Saat Blogging

Salam, Bloggers!



Ada gak sih keteledoran yang teman blogger lakukan saat membuat tulisan di blog? Gak ada? Wah, kalau aku sih BANYAK. Gak sering-sering amat memang, meski ada satu keteledoran yang jadi kebiasaan.

Aku rasa keteledoran ini akibat aku yang pelupa, maklum deh udah tua, udah banyak banget yang dipikirin. Gimana gak banyak pikiran, pup anak berubah warna aja, jiwa emak bisa gundah gulana hati gelisah. Haha. Abaikan.

Trus, emangnya apa aja sih keteledoran yang kulakukan saat blogging? Mo tau? Dilanjut deh bacanya... :)

 

Publish tulisan tanpa dibaca ulang.

Fewh. Ini paling sering dan hampir selalu aku lakukan. Ditambah aku paling jarang memanfaatkan fitur preview. Makanya gak usah heran kalau banyak typographical error atau diksinya rada ngaco.

Btw, aku emang termasuk cepet kalau nulis blog. Untuk tulisan yang serius ku tulis, paling lama satu hari jadi (jangan samain sama tulisan-tulisan yang gak niat aku tulis, pasti nyampah di draft sampai berbulan-bulan, hehe). Tapi, kalau sifatnya lomba/giveaway biasanya sih 2-4 hari baru beres.

Akibat terlalu semangat nulis dan kepengen buru-buru mencet tombol orange di sebelah judul, hasilnya tulisanku ya gak sempurna (baca: gak sesuai kemauanku). Baru sadar saat tulisanku yang udah terbit itu aku baca ulang dari awal. Kalau udah sadar banyak yang typo, gak jelas, dll, baru deh grasa-grusu ngedit ini-itunya. Kerja dua kali.

Lupa ngasih label/kategori

Bagiku memberi label di tulisan itu cukup penting. Tapi, aku si pelupa ini kadang baru ngeh kalau tulisanku belum ditempeli label setelah cukup lama tulisan tadi terbit. 

Tulisan belum jadi, udah kepencet PUBLISH!!

Gak sering sih, tapi kalau gak sengaja kepencet PUBLISH, kagetnya bukan main. Hahaha.

Pernah juga waktu mau hapus beberapa tulisan di draft, karena gak fokus, bukannya klik delete malah klik publish XD. Walhasil, beberapa tulisan mentah ku nyampah deh di dasbor orang...

Lupa kasih credit pada gambar

Gak tega deh kalau udah minjem gambar dari situs orang, eh akunya gak mencantumkan darimana sumbernya. Nah, masalahnya aku kadang lupa mencantumkan sumber. Beneran deh lupa, sama sekali gak disengaja.

Jadi, kalau tiba-tiba ada gambar yang kira-kira bukan punyaku, kemudian belum tercantum sumbernya baik di gambar maupun di captionnya, tolong ingetin lagi yaaa.... :)

Kepencet tombol TRASH (delete post)

Huaaaa... ini paling nyesek. Nyesssssek pake banget! 

Aku pernah beberapa kali mengalami keteledoran macam ini. Awalnya, aku ceklis beberapa tulisan yang udah terbit agar masuk ke 'draft' untuk dilkukan beberapa perbaikan. Tapi, lagi-lagi karena gak fokus, bukannya klik revert to draft, eh aku malah klik gambar tong sampah di sebelahnya! Dan yang bikin nyeseknya lagi kalau tulisanku itu belum ada backupnya. Gimana gak kejer coba? Aduh, kalau kejadian macam itu terulang lagi, kira-kira ada cara buat undo gak yah??

Ah, keteledoranku itu sepertinya lebih banyak dari yang aku ceritakan tadi. Tapi, cukup itu aja deh.

Oiya, kalau dulu, blog generasi awal belum punya fasilitas autosaving. Misalnya di blog Friendster (dulu aku iseng nulis di sana). Jadi, karena gak ada fitur autosave kaya sekarang, kalau gak teratur klik 'save', tulisan kita gak bakalan tersimpan kalau tiba-tiba desktop kompi kita matot gara-gara padam listrik. Atau pernah ada beberapa kejadian tulisan gagal 'publish' gara-gara koneksi lola, tapi pas mau publish ulang, ternyata gak bisa karena tulisan kita gak ke-save. Ya pokoknya banyak kekurangan deh di blog-blog jaman dulu, gak secanggih platform generasi sekarang.

Blogging | Keteledoran Saat Blogging Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sa

0 komentar:

Posting Komentar